akh, libur pun akan berakhir...
hari ini gw rencananya akan ikut JABRIKS(jalan bareng HI yuks!) ke PUNCAK...
sbenernya hari ini juga ada acara KSM ke sukabumi..raker gitu katanya..cuma ga jelas nih, w ga dikasih info lebih lanjut kayak kapan disuruh ngumpul, dll. jadi akhirnya gw memutuskan ikut JABRIKS..hhhe

hmm.tkanan untuk membuat sebuah tulisan yang bisa dipajang di media dari keluarga gw akhir2 ini smakin gencar. setelah selama beberapa bulan kmaren gw diteror bokap yang selalu mengulang nasihat yang sama ketika perjalanan pulang dari depok, nyokap n tante gw mulai ikut2an "menyuruh" gw untuk cpat2 menulis..yah kalo ada waktu deh....

minggu kmaren ke IC, nonton ALCATRAZ (acaranya kurang seru, tapi dekornya keren...)
Gak nyambung gw ama lagu2nya..emo, n aliran2 musik aneh yang kurang gw suka
TRus malemnya kita ngerayain ultah anak2 Januari makan chess cake dari CIZZ (enak banget,,,,mantap..kue oreonya juga..tapi cheesecakenya the best lah..)
ga tau deh udah halal ataw blum (upss!!!)

abis nonton ALCATRAZ, kita diangkut ke rumah Fitri untuk dijadikan babu..(ngga ding, ditawarin bonyoknya Fitri nginep di rmh mereka)
udah pada seneng aja tuh cewe2 penggemar Azken...huu..gw sih ga termasuk salah satunya ya..hhe

Selasa kmaren gw ngobrol ama Joan, Ria, Chei, n Agung ttg masalah MBJ (Malem Bales Jasa) yang ternyata bakal diadain minggu dpan,hari Jumat (6 Februari 2009)
ide gw yg main knal2an itu kemungkinan bakal dipake...(yes!hhha..dsar lo vin)

dan akhirnya gw resmi mengajar bimbel...rabu kmaren gw ngajar 2 klas skaligus buat anak 3 SMA sm 2 SMP..yah, pngalaman pertama menjadi guru bneran..asikkkkkk.duitnya juga lumayan..sbenernya kmaren gw dipanggil buat ngajar, tapi karena males dan capek gw bilang aja ga bisa..emang perjanjiannya gw akan ngajar full mulai minggu dpan (pas kuliah udah mulai)
doakan saya ya tman2 smoga langkah saya "mencerdaskan anak bangsa" bisa terwujud, seenggaknya lewat hal2 kecil smacam ini..takutnya gw ialah kalo ngasih ilmu yang salah..kasian kan mereka?kmaren aja gw sempet ragu2 pas mereka tanyain soal..hhuuu...smoga aja ilmu yg gw kasih bisa mereka terima dengan baik dan bermanfaat buat mereka...

**** akhirnya punya blog..lo harus liat punya dia.. pake wordpress gtuh, dan isinya sangat tidak gw mengerti karena membutuhkan pengetahuan ilmu hubungan internasional yg sangat tinggi...

ya udha y say..i mau blogwalking dulu..hhe

-cheers-
Read More
kmaren, gw ditelpon ama BBI Salemba..sepertinya mereka menerima lamaran gw n ktny gw disuruh dtg hr selasa buat ngisi form n wawancara sepertinya..

alhamdulillah, kalo bneran jadi gw berarti ngajar bahasa inggris..

tempatnya di Citayam.and gw ga tau citayam itu dimana..hhe

still, msh mikirin apakah gw bener2 niat ikut bem ui?
Read More
gw ngambil juga ituh formulir BEM UI, tapi ga tau deh klanjutannya gmana..sbnernya sih gw udah ga ada perasaan "ketakutan yang berlebihan" lagi..cuma..hmm, ga tau deh...
hari ini harusnya bersih2 ksm, udah disms suruh dateng jam8..haha gw yakin pasti pada ngaret..paling bru mulai jam 10 atau malah jam 12..hari ini gw juga diajakin Odit nonton di BP abis zuhur tapi ama anak2 bintaro,,ikut yg mana y?halah

Ngomong2 soal ngaret, gw jadi inget pengalaman2 gw klo mau ngumpul sama anak2 dimanapun, kapanpun, dalam acara apapun gw selalu merasakan keterlambatan untuk hadir itu sudah jadi kebiasaan bahkan sudah seperti budaya(gw berharap tidak) masyarakat Indonesia yang harus dimaklumi. Kayaknya kebiasaan buruk kita ini (termasuk gw..hehe) udah mendarah daging, sehingga ga bisa dilepasin bgitu aja..Gw sebagai orang yg sering ngaret sebenarnya maklum knapa orang2 pada ngaret. Awalnya mungkin manusia2 Indonesia yang baru mulai dewasa (baca: anak2 dan remaja) itu gak suka ngaret. Lama kelamaan ketika mereka udah sering gabung sama kelompok bermain, organisasi, dan kelompok2 masyarakat lain yang sering mengadakan kegiatan terlambat jauh dari jadwal sebelumnya akhirnya jadi ikut2an ngaret deh..
Mnurut analisis gw, ngaret itu awalnya berasal dari orang2 tua kita yang menganggap sepele untuk hadir dalam suatu pertemuan. Akhirnya, secara tidak langsung kebiasaan itu diturunkan ke generasi2 selanjutnya..

di kampus gw sendri, kebiasaan ngaret itu mnurut gw dah keterlaluan. Mulai dari lingkungan jurusan(contoh, waktu gw n tmen2 merasakan betapa sulitnya mengumpulkan anak2 tepat waktu untuk salam angkatan), fakultas(hampir semua rapat yang pernah gw ikutin NGARET,walaupun gw lebih sering ngaret daripada rapatnya..hehe), sampe kegiatan universitas(latian padus, ngunpul UKM..huuuh)termasuk kalo mau aksi turun ke jalan, ngumpulnya pasti ngaret,,hha

gimana sih, katanya mahasiswa?please deh (warning myself mode : ON)
Read More
in the name of Allah..
hello everyone, back to me again after that 'secret' posting..hehehenow, in this post i will tell you about what happened in 3 days ago.It was Januar17th..A day when Fisip FUn Fair was held. I, as one of the member of FISIP UI wasn`t interested yet to come to that event although it was sounded as the biggest event of BEM FISIP 2008 and the great reunion for the alumnis. Actually, that kind of event have never made me comfort..You know, like Jazz Goes to Campus, i though i could enjoy the show, in fact i didnt.Fisip Fun Fair not only just gave the music show in the stage, but also many kinds of event such as games, fun walk, fisip tree(this tree was made by plastic bottle, and ehm it`s cool), charity event (Baksos and Donor Darah)..and of course the STANDS...Why i finally came to that event? yes, because of the Stand..HI`s stand exactly..i have responsability to look after the stand because i accepted Dhani`s ask to look after it. She and Joan ask me to look after the stand because several people who used to be there, such as Agung and Ipeh couldn`t come to that event and even Dhani didn`t come to that event...So, i came to campus with my mom at 7.30, 30 minutes later than it used to be.. When i arrived at the place,there were just Lesly and Keshia 2006 with no decoration of the stand...instead of decorating,we`re just waiting for Joan because the things to decorate were brought Joan. Beside, the other major was fullfilled with decoration.When Joan finally came, we made the decoration. But, because of the minimal material, so we couldnt make our stand decoration as great as another. Just the boxes in the front and the writes "think globall act localy" that hung up behind. And of coure my little plants(that i didnt know what the name is..hehe)JUst it, no trashbag, no handicraft made from recycle things, no proker list, no profile, no testimonial board, no alumni database, and no one who join the game...It was really dissapointed when Pandu 2005 as the chairman of the BEM, come and go to look inside his stand,,,and any other such Syarif 2006, keshia (as the MC was going around to the stands, and she had no comment for our stanD),Ais 2007, and many other..Event the Dean (Iwashidingbecause..hehe)yeah, and the senior keep asking "where any other guys from 2008?"..And we just can smile, told them that the 2008`s wasnt come yet.Because of that we couldnt play the games...hmmphh..Then, i call people in the dorms to come..alhamdulillah they finally come..(Sorang, Riza, n Kun)..there was Raisha too..oh, i regret that i shoud call them before the event.So, the stand was very minimalist and the commitee that gave a score come and come again asking the "must have things" and i always answered by"the guy who brought it doesnt come yet"..hell,, no..Our plans to make a games from dartboard and other things just flew up..so, we made "the must have things" just in a moment. whe the comitte never back again to our stands..first, i felt that the seniors were dissapointed because of our works...our team (2008) that not everyone, or maybe just sveral people who came, and our minimalist stand..but, after reading the Baskoro`s message on the facebook. i just see that HI`s people now is better than the old one.. IN the message he said thanks to us to managing the FFF stands. He said that "thank you guys, because of your works our stand can stand up in line with the other majors in FISIP, because you know that HI`s people are very APATHIC when there is an event lke that"Wew, i was shocked read that message and after reading it, i reflected our self(HI`s people, yeah they are very aphatic and pragmatic..hmmmphh..thats why just several people came to that event...event there just 3 or 4 alumnis that came to the event..
APHATIC and Pragmaticthat two words who always set in the smart people behavior..As Hi`s people consists of very smar people (such as me..hehe)I dont` know why the smart people do it..When i was in highschool some of my friend (who was known as smarter people) do that kind of things..well, at first they where ver aphatic and pragmatic..but then they lowly but sure can reuce that things...so, why the smart people are known aphatic, pragmatic, event pathetic? Yeah, maybe anyone can answer my question?
Read More

hwaa..itu impian gw bgt dari dulu..makanya gw masuk jurusan yang ada label 'internasional'nya..hehe..selain itu emang pingin jalan2 n mengabdikan diri buat memperjuangkan kepentingan agama dan bangsa gw di kancah internasional..


tempat tidur
ini mah favorit gw bgt..tnyain aja ama tmen2 gw, trutama tmen2 MAN gw knapa gw paling suka di tmpat tidur..hheX)


males










sebenarnya saya dapat pr ini dari uCan yang menunjungi blog saya yg lain,,tapi krn saya malas membuka blog saya yg itu, akhirnya saya kerjain disini aja deh..hhe


RULE:The rules are simple. Use google image to search the answers to the questions below. Then you must choose a picture in the first page of results,and post it as your answer. After that tag 7 people.

The Age of next birthday


Place I'd like to Travel

A Favorite Place

A Favorite Food

A Favorite Thing

A City was Born

Nickname I Had

A Favorite Color

College Major

Name of My Love

A Hobby

A Bad Habbit

My Wishlist
Read More
bismillah


sebenarnya saya sudah lama ingin menulis ttg hal ini, namun karena satu dan lain hal banyak yang menghambat saya menulis ini (termasuk kamalasan..hhe)


hmm,minggu kmarin swaktu k Bandung, saya mendapat kabar dari Lia kalo salah satu anak Sansa(angkatan 2006 MAN Insan Cendekia Serpong) sudah ada yang menikah...and She is my "kakak gurah", kak Ikullll...

huuu..

dan kabar dari ARa,klo kakaknya udah nikah (OMG,bahkan dya blum selesai kuliah)


isn't she very young to do marrital things?

for me, the age under 25 just so young to get married...especially under 20..but, in our society girls/women have to married soon..(like Mr.Bahrul said, woman have to get married before 25//what the#%^&^)i dont agree with this.. since i know that so many people out there married just because they have to do it, doesnt mean that they are happy with their wedding


me, myself, i dont care much about marrital things now..but, as a nature of a woman, i want to get married and have a baby of course,,but not to soon...wait until i meet MR.RIGHT..hhha


marrying "underage" girl had became a problem, when Syeh Puji case come up..In Fact, many people in our society are fine if there`s a underage girl(under 16,based on the low of marrital) get married..


well, i know it`s their choices...


sangat berbeda memang antara satu individu dengan individu lain dalam menikapi masalah pernikahan. Tman2 saya banyak yang mau nikah muda seperti Qhytem, Ratih, Wenda,dll. Tapi ada juga yang nggak mau cpat2(seperti saya contohnya).


bukannya saya mau bilang nikah muda itu nggak baik,,,nikah,,itu ibadah..melengkapi separuh agama kata buku2 yang pernah saya baca..

topik ini sangat menarik apabila dibicarakan trutama di kalangan akhwat/cewek2..hhe..makanya mereka rata2 pengen nikah muda seperti yang dilakukan kak ikul maupun senior saya diHI, kak Ranee

jujur saja, nikah muda penuh tanggung jawab besar dan resiko. Bukan berarti ketika kita menikah sewaktu sudah mapan tidak ada tanggung jawab dan resikonya..

menikah ketika masih kuliah/sekolah tentu saja sangat berbeda dengan menikah selepas menempuh masa pendidikan...

saya tidak tahu bagaimana rasanya

tanggung jawab mengurus anak dibarengi tanggung jawab kuliah dan tanggung jawab lainnya sebagai ibu rumah tangga


namun, memang rata2 cewek2/akhwat2 yg menikah muda, suaminya berusia jauh diatas mereka sehingga dapat dikatakan sudah mapan..


tapi, ada juga sih yang seumuran, karena emang niat atau karena"kecelakaan"


ada bagusnya juga nikah muda untuk menghindari maksiat, seperti yang sering terjadi di zaman edan ini..



hmm..intinya sih nikah muda atau ketika sudah mapan itu pilihan anda...bnar kan?
Read More
he went to Kancil yesterday, with his BLACK shirt

and today

I saw him at Mushola (hmm..kind a "ALIM" person?that`s why i adore him)

JUst it...not a hard feeling

only soft feeling
admire him like someone who inspires me much
to do things like him
to give the best for our country
to give the best for our faith
to give the best for our family


not love

just a ligans
just FANS
JUst a very secret admire


"go and move"


suatusaatnantimudah2ankitadipertemukankembaliolehNYa...hhhhuuuu
Read More
kelanjutan dari posting sebelumnya...

melihat nilai teman2 saya blajar banyak...
dari yang nilainya lebih rendah daripada saya, saya jadi beajar untuk lebih terbuka dalam membagi ilmu saya kepada mereka dan lebih mengingatkan mereka untuk belajar sungguh2 dalam perkuliahan ini...

dari yang nilainya lebih tinggi daripada saya, saya belajar untuk berusaha lebih maksimal dalam setiap kuliah yang (akan) saya ikuti. Saya diingatkan bahwa prestasi yang mereka capai bukan langsung jatuh dari langit, namun lebih kepada usaha mereka selama satu semester ini yang memang benar2 keras..maka dari itu, saya harus KERJA LEBIH KERAS dan Lebih Cerdas tentunya..
dan satu hal yang paling penting..

"DOA"

komponen utama dalam setiap aktifitas yang sering saya lupakan akhir2 ini, sangat menentukan bagi keberhasilan kita dalam menghadapi sesuatu...
Read More
bismillah...

assalamualaikum everyone...

yup, lagi2 ttg nilai
tadi siang gw ngurusin KRS buat semester 2, trnyata agak rebek ya? mesti ngeprint dulu nilainya, untung dah di print sm temen gw (thanks to ulpa n weki)

yah..akhirnya gw melihat nilai tman2 gw di HI..

firstly, gw ngerasa bersyukur banget karena walau bagaimanapun juga nilai gw bisa dibilang cukup baik walau tidak SEMPURNA...hmmm..tmen2 gw banyak yang dapet IP dibawah nilai gw..
tapi,.,

BANYAK (ga juga sih) yg dapet nilai jauh diatas gw...
bahkan temen gw, Ms. Natalia Rialucky Tampubolon, the debaters, dapet 3,9..oohh my God..
well,, jujur saja saya IRI(boleh kan dalam hal pendidikan/prestasi)
padahal, gw bisa kayak dia(baca:dapet nilai A hampir di setiap mata kuliah)

tapi kenapa gw ga bisa dapt nilai A bahkan di satu matakuliah sekalipun?
ini juga yg ditanyain mas Christian Harijanto, pembimbing akademis gw tadi siang...

karena saya sebenarnya bisa mendapat lebih dari yang saya dapatkan sekarang, tapi karena mindset saya yg mikir "ya udah lah yg penting dapet diatas 3,5" akhirnya saya kurang berusaha maksimal seperti teman2 saya yang lain : Ria, Ulpa, Febrian, Emir, MIn Ah, Melisya, n Deni (i can`t believe i wrote this, scara dia gw kasih contekan pas PIS, malah dya dapet nilai lebih tinggi dari gw,,SIAL...lain kali gw GA AKAN NGASIH CONTEKAN lagi...****)

yeah, dan sekarang gw menyadari kesalahan gw..harusnya gw bilang SAYA BISA DAPET NILAI A sejak awal...bukan mikir yg ga maksimal...

makanya mulai sekarang, semester 2 ini harus dapet IP 4,00...HARUS...

Target boleh tingi2 kan?hhe

ps: ga boleh mikirin "dummy" dulu klo mau IPnya tinggi..hhe
Read More
Pemda DKI Jakarta akhirnya benar2 menerapkan peraturan yang membuat hampir semua orang (trutama warga sekolah di DKI Jakarta) terhenyak..
jam belajar untuk siswa di DKI diPAGIkan menjadi pukul 6.30,,,

pertama kali saya mendengar kabar tersebut saya mengucap syukur Alhamdulillah karena saya bukan termasuk salah satu korban peraturan aneh tersebut.. Sya juga mendukung pada awalnya usaha pemerintah DKI unutk membangunkan warganya (trutama anak2 sekolah yang malas seperti adik saya contohnya) lebih pagi..

saya sempat membaca surat dari sekolah adik saya yg diteruskan dari dinas pendidikan/ pemda DKI yang berisi alasan mengapa mereka memajukan jam sekolah.. Namun, setelah sya melihat surat tersebut saya sangat TIDAK MENERIMA alasan yang mereka berikan yakni untuk mengurangi kemacetan di wilayah DKI..

Asal tahu saja, peraturan ini sangat memilukan bagi sebagian orang, terutama orang2 yg sudah bangun pagi2 sekali hanya untuk berangkat sekolah.. Pemerintah seharusnya berpikir tidak semua orang (baik itu siswa, guru, maupun karyawan sekolah) tinggal di daerah sekitar sekolah tersebut. Pada kenyataannya, sebagian besar warga sekolah di DKI berasal dari wilayah pinggiran kota seperti Bekasi, Tangerang, dan Depok.. Tentu dengan adanya peraturan ini mereka harus bangun lebih pagi lagi..Padahal ketika sekolah masih dimulai sejak pukul 7 pun mereka sudah harus bangun pagi, bahkan banyak diantara mereka yang sudah berangkat sehabis subuh, hanya untuk menghindari keterlambatan..

Dengan adanya peraturan baru ini, saya boleh mengatakan pemda DKI telah "menzhalimi" warganya.. Ketidakmampuan mereka dalam mengatasi kemacetan sehingga harus membuat peraturan konyol seperti ini semakin menggambarkan bahwa warga Jakarta ternyata sudah salah memilih gubernur..Bang Fauzi dan Mas Pri ternyata belum bisa membawa perubahan bagi DKI yang semakin hari semakin macet,, Bahkan, jika dulu diatas pukul 7 malam jalan2 di Jakarta sudah cukup lengang, sekarang sampai pukul 8 malam masih banyak kendaraan mengantri di jalan2.. Apakah ini yang bisa disebut keberhasilan dalam mengatasi kemacetan?

Kembali dengan adanya peraturan masuk jam 6.30 tadi(dan peraturan lain mengenai jam masuk kantor), saya pesimis akan mengurangi tingkat kemacetan di DKI..Karena tidak setiap warga tentunya akan mematuhi peraturan tersebut..(peraturan memang untuk dilanggar toh..)Selain itu, tingkat kemacetan di DKI memang sudah sedemikian parah, sehingga perlu ada langkah yang lebih kongkret untuk mengatasinya bukan sekedar mengatur jam masuk sekolah dan jam masuk kantor...Pengaturan lalu lintas dan penambahan sarana dan prasarana yang menunjang kemudahan transportasi sebaiknya dilakukan pemerintah untuk mengurangi kemacetan di DKI..

Sekarang, kita lihat saja apakah usaha Bang Fauzi dan Mas Pri tersebut akan berhasil mengurangi kemacetan di DKI pada waktu pagi hari? atau hanya menambah daftar dosa mereka sebagai pemimpin karena telah "menzhalimi" warganya dengan menyuruh mereka bangun lebih pagi?

alasan yang tidak logis->" bangunlah lebih awal, sebelum rezeki tidak dipatok ayam"
Read More
paling nggak nerbitin satu artikel di semester ini..

HARUS!
Read More
bismillahirrahmanirrahim

Ya Allah, berikanlah kekuatan untuk saudara2ku yg berada di Jalur Gaza
untuk bertahan dari gempuran pasukan dajjal Israel (laknatullah)
untuk bersabar atas segala kehilangan
baik harta, maupun nyawa

Ya Allah, yang Maha Pemberi
Berikanlah mereka kesempatan untuk hidup bebas dari penjajahan
Berikanlah mereka kesempatan untuk menikmati perdamaian
Berikanlah mereka keikhlasan untuk menerima segala cobaan

Ya Allah, yang Maha Pengasih
Kasih sayangilah saudara2 kami di Jalur Gaza sana
Bukakanlah pintu hati Zionis Israel untuk menghentikan serangan ke sana
Lembutkanlah hati mereka dan tuntunlah agar kembali ke Jalanmu ya Allah


Read More
assalamualaikum wr.wb.

hello there,
seperti yg udah gw janjiin gw akan berbagi sedikit kisah ttg jurusan yg gw masukin saat ini...
ka
HI a.k.a Ilmu Hubungan Internasional ialah sebuah jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Jurusan ini dari tahun ke tahun cukup banyak peminatnya sehingga ga heran klo passing grade jurusan ini dari tahun ke tahun cukup tinggi di hampir semua universitas yg ada jurusan ini.
Buat universitas negeri, HI bisa ditemukan di UI,UGM,UNPAD,UNAIR,UNHAS,UNEJ, dan UNRI...
klo swasta ada UNPAR, Univ. Paramadina, Univ. Al-azhar, dll. gw ga bgitu hafal..

mnurut data passing grade tahun 2007, klo mau diurutin dari yg paling tinggi peminatnya di univ.negeri itu, yg pertama di UI,UGM,UNPAD, sm UNAIR..itu yg masuk 100 besar top passing grade IPS

nah, knp passing gradenya bisa setinggi itu? karena walaupun jurusannya ga seterkenal kedokteran, hukum, ataw ekonomi, ternyata HI juga banyak peminatnya..gw ga tau apakah mreka yg milih HI krn emg suka, dorongan ortu, iseng, atau krn supaya terlihat keren..
yup, banyak bgt anak HI yg terperangkap dengan kata Internasional shingga membuat jurusan ini look like different than others..
in fact, emang ini jurusan BEDA dari yg lain..

padahal klo mau diliat lagi ilmu HI ini sbenernya turunan dari ilmu politik kawasan yg ngbahas politik di berbagai belahan dunia..nah slanjutnya krn ilmu ini trus berkembang akhirnya jadi ilmu yg berdiri terpisah dri ilmu induknya..
makanya, basic sebelum kita bisa masuk ilmu HI, kita harus nguasain ilmu politik dulu..

trus, HI blajar apa aja sih? jangan bayangin lo akan ketemu dngan angka2, integral, turunan, trigonometri, hukum newton, pola hereditas, dll. krn GA BAKAL ada IPA2nya.ya iya lah scara ini jurusan IPS murni, lo blajar ttg sjarah, geografi, ekonomi, politik, sosiologi, antropologi, dll. pokoknya plajaran IPS bgt deh tahun pertama..gw yg bru slesai semester pertama bru dapet satu mata kuliah HI, yakni sejarah HI..tp ini trgantung univnya masing2 sih..sisanya sem1 gw blajar pengantar politik, peng sosio, peng antrop, peng ilmu ekonomi, sm MPKT
trus semester 2 udah mulai dikenalin sama HI, krn gw bru blajar pengantar ilmu HI semester2, ada juga matkul diplomasi Indonesia yg sem3 bakal dilanjutin sama diplomasi modern.nah matkul ini keren kliatannya krn kita akan diajak simulasi diplomasi gitu, kyk simulasi sidang2 di PBB, dll.
slain itu kita juga blajar hukum, tpatnya hukum internasional,,kita juga bakal blajar politik kawasan kayak politik global AS, CHina, Timteng, dll. ada juga yg ngbahas organisasi internasional, ekonomipolitik internasional, sama matkul perang dan damai..keren ga?
klo di UI, semester 5 kita bakal dibagi menjadi 3 cluster (smacam konsentrasi gtu). Ada Pengkajian Strategis, Masyarakat Transnasional, sm Ekonomi Politik Internasional
Pengkajian Strategis itu lebih ngbahas isu2 keamanan dan pertahanan, kyk perang dan damai, orientasinya lebih ke negara (state) sebagai pelaku hubungan internasional...
Masyarakat Transnasional blajar ttg masyarakat dan hubunganny dng negara di lingkup internasional, jd ada isu2 gender, NGO/LSM, itu lebih difokusin di cluster ini
Ekonomi POlitik Internasional blajar ttg ekkonomi dan politik di dunia internasional,ada perdagangan n keuangan int`l. krn lo tau kan tnyata ekonomi ga bisa dilepasin dari politik bgitu saja

huh..keren2 kan mata kuliahnya?ya gw jg ngrasa gitu,,tp tugasnya huuuuhhh..bjibun..jng kira jd anak HI bakal santai apalagi setelah memasuki sem3 keatas..tugas bikin satu makalah tiap minggu kyknya udah biasa, blum lagi bikin review dan summary (ringkasan)..untungnya gw blum mngalami masa2 sperti itu..hha
o, ya tugasnya itu hampir semuanya membutuhkan kmampuan mnulis, analisa, dan tntunya bahasa inggris yg bagus.walaupun tugasnya ditulis dlm bahasa indo, tp semua buku referensi lo kbanyakan bakal bahasa inggris..nah, ini yg jd klbihan anak HI, slain jago bahasa inggris,satu hal yg jarang dipunya jurusan lain kmampuan analisa kritis krn kita trus dilatih dng buat tugas yg bjibun kyk gtu..
tP tnang aja, yg mau masuk HI, blom pny kmampuan bahasa inggris atau ga suka nulis,,klo lo emang niat insya Allah bisa kok blajar..gw jg ga bagus2 amat bahasa inggrisnya..pertama2 emang susah baca text book bahasa inggris gtu..lama2 biasa kok..

okey,skg kita ngomongin prospek,,yeah,pasti banyak yg ngincer HI krn pngen jadi diplomat..ya kan?hha..gw juga trmasuk salah satu orang yg masuk HI krn pngn jd diplomat..
emang sih ilmu HI ini mendukung bgt buat profesi diplomat, tapi ga cuma diplomat tau..ada profesi2 lain yg bisa lo kerjain stelah lulus dri HI

lo bisa kerja di NGO/LSM kyk WWF, Greanpeace, dll. lumayan loh gajinya..lo juga bisa jadi banker (kerja di bank), wartawan/jurnalis/penulis, peneliti (hmm.jrg loh pnliti HI), dosen/pngajar, atau jadi intel yg kerja di BIN (krn trnyata intel itu diplomat dlm bntuk tak terlihat..hehe) jd politisi n artis juga bisa..hehe
well, intinya sih bnyk kesempatan klo lo lulus dri HI, krn ilmu ini fleksibel, mempelajari hampir semua bidang IPS, ini nih yg jadi masalahnya..skg bnyaknya yg diplajarin HI jd kyk kurang fokus di mana letaknya ga jlas..
ga kyk ekonomi atau hukum..
intinya sih, mau kerja apa kita ntar ga terlalu ditentuin ama jurusan kita yg pnting punya IP bagus, kmampuan komunikasi yg bagus ama personality yg baik...
yah scara gw blom krja jd ga trlalu tahu ttg dunia pekerjaan..

nah, udah punya bayangan kira2 ttg HI?
tertarik masuk HI?

klo udah myakinkan diri masuk HI..
yg penting

NIAT.USAHA.DOA.

YAKIN aja klo lo BISA..insya Allah masuk ke jurusan impian lo...

sgitu aja deh, klo yg mau tanya2 lbih lanjut bisa kontak gw..oh, ya klo mw liat pngalaman2 gw di HI,lo buka aja blog gw : vinadisinineeh.blogspot.com

dtunggu ya commentnya..

wassalamualaikum wr. wb.
Read More