Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2012

Kisah Cinta Mereka

Alkisah, dua tahun yang lalu, tergabunglah puluhan orang hebat dari seluruh penjuru negeri untuk bergabung dalam sebuah organisasi. Mereka adalah orang-orang terpilih yang memiliki semangat dan integritas tinggi, untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Organisasi yang tadinya mayoritas diisi dari golongan tertentu ini kemudian bertransformasi menjadi organisasi yang lebih berwarna, terbuka, dan penuh dengan romansa.

Setiap orang punya kisah cintanya masing-masing. Pun dengan orang-orang di organisasi ini. Tulisan ini hanya   sebagai refleksi, perjalanan cinta beberapa pejuang di organisasi yang saya kira patut kita apresiasi.

1. Namanya X, beliau memegang jabatan sebagai koordinator bidang yang membawahi bagian sosial politik. Satu tahun yang lalu, beliau mengalami kegalauan yang luar biasa karena kisah cintanya selama 3 tahun di kampus berakhir begitu saja. Tuhan ternyata berikan X yang terbaik. Tidak sampai 6 bulan kemudian, X sudah mendapatkan penggantinya dan beberapa hari yang…

Celoteh Hari Ibu

Pertanyaan kritis gw pertama kali setelah bangun tidur menyadari hari ini tanggal 22 Desember adalah

"Kenapa hari ini dijadikan sebagai hari nasional tanpa libur yang kita sebut dengan 'Hari Ibu'?"

Padahal, sejarahnya tanggal 22 Desember ini adalah awal mula Kongres Wanita (gw lebih suka menulisnya dengan kata perempuan) I di Indonesia. Logikanya, tidak semua perempuan adalah seorang Ibu, tapi kenapa hari ini dijadikan hari Ibu?

Makna "Hari Ibu" yang ditetapkan oleh Presiden Soekarno berdasarkan Keppres No. 316/1959 menurut gw mereduksi peran perempuan itu sendiri sebagai "Ibu Rumah Tangga". Artinya, semangat hari Ibu yang dimaksud presiden Soekarno menurut gw ga sejalan dengan semangat perempuan yang berjuang menorehkan tinta sejarah perjuangan sosial politiknya sejak Kongres Perempuan I tahun 1928 di Yogyakarta.

Sekarang kita lihat banyak orang di media sosial berceloteh tentang betapa hebat Ibu mereka, betapa sayang mereka pada Ibunya. Tapi, say…

Nikah Siri, sah atau tidak?

Kemarin ILC TVOne ngebahas tema itu. Lagi-lagi bupati Aceng Fikri yang jadi sorotan. Entah kenapa, pembahasan tentang nikah siri ujung-ujungnya ke masalah Poligami boleh atau ngga? Jelas2 nikah siri secara agama sah, tapi secara hukum ga sah. Kalau menurut kalian gimana?

"Menikah itu nasib, mencintai itu takdir"- @soedjiwotedjo

3 Film, 1 Pesan

Kemarin gw nonton "Bidadari-Bidadari Surga", film adaptasi novel Tere Liye dengan judul yang sama. Filmnya drama banget sih, tapi makna pesannya dalem banget. Pengorbanan tanpa pamrih, kecantikan hati  jauh lebih berharga dari kecantikan fisik, istiqamah, konsisten, bersyukur, berbesar hati dan sebagainya... Cuma banyak keanehan yang gw tangkep dari film itu. Contohnya, plat nomer mobil B yang jelas2 mereka ambil setting film di daerah Sumatera :p

Hari Minggu gw nonton film "5 cm", lagi-lagi adaptasi film dengan judul yang sama dari Donny Dirghantoro. Novelnya udah gw baca pas SMA, keren, terutama kutipan2nya. Gw sendiri hampir lupa gimana jalan ceritanya. Intinya sih tentang cinta, persahabatan, dan TEKAD. Yup, tekad. Kalau kamu sudah punya cita-cita, gantungkan cita2 tersebut 5 cm di depan kening kamu, yang kamu perlukan tinggal kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama…

Central Bankers, dream job?

Hi all,
kemarin saya baru saja dari perpustakaan Bank Indonesia, dengan tujuan, apalagi kalau bukan untuk penelitian tesis saya yang berjudul "The Role of Central Bank Independence in Outcoming Financial Crisis: Case Study Bank Indonesia in AFC and GFC". 
Saya senang sekali menghabiskan waktu di sana, seharian membaca dan mencari bahan yang bisa saya gunakan untuk penulisan tesis. Oke, saya juga tiba2 kepikiran, kenapa gw ga kerja di BI aja? :D
ps: supervisor sudah membalas e-mail, he said, go ahead and try to put another view (criticism on Central Bank Independence, lets go ahead :D)

Tesis Tesis Tesis

susah banget buat merangkai kata2 menjadi kalimat buat tesis saya. hua, bagaimana ini, deadline outline satu minggu lagi, sampai detik ini baru 1-2 paragraf terketik. butuh motivasi. banget. akhir2 ini jadi sering galau ga jelas. gw suka merasa bersalah karena kemarin2 kebanyakan libur dan males2an. besok mau ke luar negeri pula. jumat udh beli tiket balik. ;(

Allahumma yassir, wa la tuassir, ya Allah mudahkan, jangan persulit ;o)