Langsung ke konten utama

Starting September: Post-partum story!

 Aloha September 2022!

Alhamdulillahirabbilalamin, masih diberikan nikmat sehat, semangat, bahagia dan manfaat dari Allah SWT. 

Hari ini janjian makan siang dengan kak Mesa, alhamdulillah setelah 2 tahun lebih ga ketemu tatap muka, bisa ketemu juga ditraktir pula di Sate Khas Senayan FX. Makasih banyak ya kak, berkah dan sehat selalu buat kak Mesa se-keluarga :)

Exchanges of information yang super bernas wkwk. Update kehidupan pasca pandemi, mulai dari pekerjaan hingga kehidupan as a new mom. Sesungguhnya betul2 menantang yha, seorang perempuan menjalani hidup setelah hamil dan melahirkan wkwk.

Gw share pengalaman melahirkan Kemilau yang diputuskan melalui induksi di 38w tapi baru lahir di 38w2d karena anaknya baru mau lahir di hari Sabtu malam, sesuai nama tengahnya "Adya" yang dalam bahasa India artinya lahir di hari Sabtu, wkwk. Oh ya, Kemilau lahir dengan bantuan vakum dan gw minta anastesi ILA karena setelah bukaan 6 dan ambyar itu air ketuban, gw ga tahan lagi sakitnya kontraksi, subhanallah :")

Ka Mesa jg sharing kalo kakaknya baru lahiran anak ke-2, 6 bulan yg lalu dengan caesarian sectio karena pengalaman traumatis melahirkan anak pertama yang normal dan harus "digunting" untuk buka jalan lahir :(

Keywordsnya: For a happy baby and happy mother, it takes a village to raise a child, it is okay to stop your "working career" to be a full-time house mom, career can wait :)

Memilih untuk melahirkan secara sectio juga diambil oleh Marsha, istrinya kak Herry. Marsha sempet share pengalaman pre-eklampsia di kehamilan pertama dan darah tinggi yang tinggi banget di kehamilan kedua membuatnya harus extra hati-hati karena hamil dengan resiko tinggi itu beratt shay. Resikonya banyak sekali huhu, dan kemungkinan besar kalau G1 dah ada masalah, G2 makin banyak masalahnya huhu, makanya #ayodiet. Itu pesen dokter Riyana jg sih ke gw, sebelum hamil anak kedua, bb gw mesti turun wkwk.

Udah 9 bulan pasca lahiran, harusnya post-partum body gw makin asoy ya haaha. nyatanya ga ada perubahan antara pre and post partum, malah makin banyak nih nambanhnya :( wadow makin susah yaa kalo mau hamil lagi dengan "normal".

Tapi, post-partum itu memang mengubah SEGALANYA! I mean, setelah melahirkan itu bukan hanya perubahan fisik, mental juga spiritual jadi WaWeWow. Gw jujurly merasa post-partum makin jauh dari ibadah2 sunnah :( makin sulit utk bergerak dan berolahraga :( selalu bilang alasannya anak terus padahal banyak kewajiban selain jadi ibu yang bisa gw kerjakan di rumah.

Alhamdulillah, post-partum healing gw kebantu banget dengan support system terbaik: Dodo, adik2, mama dan bapak. Plus keluarga besar dan keluarga mertua, support yang sangat luar biasa, Terima kasih banyak ya Allah...


Semoga setelah 10 bulan lahiran bisa:

1) rutin olahraga

2) diet sehat

3) balik mengerjakan ibadah2 sunnah

4) tutup hutang puasa Ramadhan 2 tahun

5) prepare buat tes kemlu dengan baik

#eh yg terakhir adalah mimpi terpendam yang semoga bisa diwujudkan. Bismillahirrahmanirrahim semoga ada kabar baik di 2023 :)

#4bulanmenujuakhirtahun2022


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operasi Abses Kelenjar Bartholini

Assalamu'alaikum wr. wb. Apa kabar kawan2? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat serta tetap semangat menjalani aktifitas. Apa kabar saya? Alhamdulillah, keadaan saya hari ini jauh lebih baik dari kemarin maupun beberapa hari yang lalu. Teman2 yang baca postingan saya sebelumnya mungkin telah mengetahui bahwa beberapa hari ke belakang saya menderita suatu penyakit yang membuat saya susah duduk, bangun dan berjalan. Sampai - sampai saya harus masuk UGD untuk disuntik obat penghilang rasa sakit di pantat saking tidak tahannya. Ternyata, setelah pulang dari UGD, obat penghilang rasa sakit itu hanya bertahan satu malam. Keesokan harinya, saya mengalami sakit yang sama. Susah duduk, bangun dan berjan. Terkadang, rasanya perih sekali, sampai-sampai saya menangis karena tidak dapat menahan sakitnya. Namun, karena sudah diberikan salep dan obat penghilang rasa sakit beberapa saat sakitnya mereda. Bahkan dua hari kemudian saya memberanikan diri untuk pergi ke Jurong Point

PKS dan Kampus

Assalamualaikum Wr.Wb. Iseng, lagi googling ttg "Majelis Syuro SALAM UI" eh malah nemu di thread ini http://forum.dudung.net/index.php?topic=14562.20;wap2 padahal, tadinya gw mau ngebandingin aktivitas LDK2 di universitas2 di Indonesia, macam Salam UI dan Gamais ITB...yo weis lah.... skg saatnya dibuka semuanya.... yang mau tau siapa mereka?apa saja yang mereka lakukan? yuk intip curhatan mba Arbania Fitriani ex-kader PKS Saya waktu mahasiswa adalah kader PKS mulai dari 'am sirriyah sampai ke 'am jahriyah. Mulai dari saya masih sembunyi-sembunyi dalam berdakwah, sampai ke fase dakwah secara terang-terangan, sejak PKS masih bernama PK sampai kemudian menjadi PKS. Dalam struktur pengkaderan PKS di kampus, ada beberapa lingkaran,yakni lingkaran inti yang disebut majelis syuro'ah (MS), lingkaran ke dua yakni majelis besar (MB), dan lingkaran tiga yang menjadi corong dakwah seperti senat (BEM), BPM (MPM), dan lembaga kerohanian islam. Jenjangnya adalah mulai dari

Persiapan Kuliah di Luar Negeri (part 1)

Banyak orang yang bertanya2,  bagaimana cara gw bisa mendapatkan beasiswa, S2 ke luar negeri? Hmm, pertanyaan yang sebetulnya bisa dijawab dengan jawaban yang berbeda-beda dari bermacam-macam orang. Alhamdulillah, gw diberi kesempatan oleh Allah untuk melanjutkan kuliah di Singapura dengan full beasiswa. Persiapan gw untuk melanjutkan kuliah ini sebetulnya kurang lebih gw siapkan sejak 6 bulan sebelumnya. Pertama, cari-cari info tentang syarat2 untuk S2 di luar negeri. Rata-rata aplikasi untuk S2 atau S3 di luar negeri udah dibuka di akhir tahun sampai awal tahun berikutnya (November - April). Karena dulu gw kepengen banget kuliah di Oxford, jadi patokan gw untuk apply S2 ya ke sana. Masing-masing universitas punya syarat pendaftaran yang beda-beda. Umumnya, untuk jurusan sosial, jurusan semacam HI, politik lebih tepatnya, cuma butuh nilai TOEFL/IELTS, surat rekomendasi, esay dan ijazah. Alhamdulillah banget, gw waktu itu dapet contoh surat rekomendasi dan esay buat apply S2 dari kak