Langsung ke konten utama

Operasi Abses Kelenjar Bartholini


Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabar kawan2? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat serta tetap semangat menjalani aktifitas.
Apa kabar saya?

Alhamdulillah, keadaan saya hari ini jauh lebih baik dari kemarin maupun beberapa hari yang lalu.
Teman2 yang baca postingan saya sebelumnya mungkin telah mengetahui bahwa beberapa hari ke belakang saya menderita suatu penyakit yang membuat saya susah duduk, bangun dan berjalan. Sampai - sampai saya harus masuk UGD untuk disuntik obat penghilang rasa sakit di pantat saking tidak tahannya.

Ternyata, setelah pulang dari UGD, obat penghilang rasa sakit itu hanya bertahan satu malam. Keesokan harinya, saya mengalami sakit yang sama. Susah duduk, bangun dan berjan. Terkadang, rasanya perih sekali, sampai-sampai saya menangis karena tidak dapat menahan sakitnya. Namun, karena sudah diberikan salep dan obat penghilang rasa sakit beberapa saat sakitnya mereda. Bahkan dua hari kemudian saya memberanikan diri untuk pergi ke Jurong Point sendirian membeli beberapa keperluan.

Tubuh memang tidak bisa bohong. Alih-alih semakin nyaman, sakit saya semakin parah. Hari rabu yang seharusnya saya masuk dua kelas, saking sakitnya saya hanya mengikuti setengah pelajaran jam pertama. Kemudian saya segera pergi ke klinik NTU untuk meminta pertolongan pertama (dengan jalan terseok2). Saya menahan rasa sakit selama perjalanan dari RSIS Student Wing ke klinik NTU.

Dokter klinik pun akhirnya memeriksa dan beliau berkata bahwa abses yang saya derita sudah semakin besar sehingga ada kemungkinan harus dioperasi untuk mengangkatnya. Saat itu saya yang berusaha menahan rasa sakit semakin merasa perih dan meminta untuk disuntik obat penghilang rasa sakit. Akhirnya, oleh suster di klinik saya disuntik obat penghilang rasa sakit (lagi-lagi di pantat). Dokter juga memberikan saya antibiotik (lagi) dan obat penghilang rasa sakit (asam metafamat) serta obat penghilang radang yang lumayan membantu menghilangkan rasa sakit beberapa saat.

Namun, sepertinya obat suntik itu tidak bekerja dengan baik. Sebab saya masih harus terseok-seok berjalan ke kantin B untuk kemudian memanggil taksi yang mengantarkan saya ke rumah. Saat itu saya betul-betul tidak dapat menahan rasa sakit. Sampai di rumah, saya langsung tepar dan berusaha mengompres abses saya dengan alkohol.

Di rumah, saya menahan perih, sambil mencari2 apa alternatif terbaik yang dapat saya lakukan untuk menghilangkan penyakit saya. Saya mulai browsing dan menemukan ternyata penyakit yang saya derita adalah "bartholyn gland cyst". Penyakit yang sebetulnya pernah saya derita saat saya SMA :'(.

Bartholyn Gland Cyst atau pembengkakan (kista) kelenjar bartholini adalah sebuah pembengkakan yang terjadi di daerah vulva, labia mayora (dinding luar vagina) yang salah satu penyebabnya adalah infeksi bakteri (seperti yang saya alami). Kelenjar bartholini yang normalnya mengeluarkan sekret menjadi tersumbat jalannya akibat infeksi tersebut sehingga menyebabkan pembengkakan di daerah labia mayora. Akibatnya sakit terasa ketika penderita ingin bangun, bergerak dan jalan (bahkan duduk sekalipun).

Saya kemudian mencari klinik wanita yang buka 24 jam dan bisa konsultasi dengan dokternya tanpa harus buat janji terlebih dahulu. Sebetulnya saya sudah ada janji bertemu dokter spesialis obestetri dan ginekologi di klinik wanita NUH, tempat saya direferensikan. Namun, karena janji bertemu pada hari Senin dan saya tidak bisa menahan sakit lagi, saya mencari alternatif lain. Pilihan pun jatuh di KK Women and Chlidren Hospital di mana ada klinik O&G yang buka 24 jam.

Keesokan paginya, saya langsung meluncur ke rumah sakit ini dan bertemu dengan dokter spesialis O&G. Seperti biasa, beberapa prosedur seperti administrasi, cek tekanan darah dan tes suhu tubuh saya jalani. Menunggu sekitar setengah jam, akhirnya saya dipanggil menuju ruang konsultasi. Dihadapan dokter muda yang modus itu langsung saya papqrkan bahwa saya sepertinya menderita Bartholin Gland Cyst. Dokter itu agak kaget juga, kenapa saya bisa tahu langsung penyakit saya. Saya bilang, sekitar 5 tahun lalu saya juga pernab menderita penyakit yang sama. Dokter itu pun langsung memeriksa saya dan melihat pembengkakan yang sudah berujuran 4-5 cm. Pantas saja, betapa sakitnya saya jika ingin duduk dan berjalan. Dokter pun menawarkan 2 opsi. Operasi atau beliau bisa memberikan obat antibiotik (lagi) dan pengurang rasa sakit. Saat itu, yang ada dalam pikiran saya adalah menghilangkan penyakit ini sesegera mungkin dan setuntas mungkin. Akhirnya, dengan penuh kesadaran, saya ambil opsi pertama yakni operasi.

Saya kemudian ditanyai riwayat kesehatan, kapan tanggal mens terakhir, adakag alergi obat dan lain sebagainya. Pertanyaan yang kemudian diulang oleh setiap paramedis yang menangani kasus saya sampai masuk ruang operasi. Dokter pun menanyakan usia saya, saya jawab sudah lebih dari 21 tahun. Sebab untuk menandatangani consent form untuk operasi sendiri paling tidak say harus sudah berusia 21 tahun ke atas. Terlihat ragu dengan peraturan ini, dokter itu menemui "boss"nya untuk memastikan bahwa saya bisa dioperasi.
Setelah saya menandatangani consent form untuk operasi, saya keluar ruang konsultasi untuk proses administrasi dan pembayaran. Saya yang baru pertama kali pergi ke rumah sakit untuk operasi (sendiri dan di negeri orang pula) belum tahu mengenai prosedur2nya. Termasuk harus puasa 6 jam sebelum operasi dan ditempatkan di ruang rawat inap (ward bed) selama paling tidak satu hari. Satu hal yang saya tidak pikirkan masak-masak waktu itu adalah perihal biaya. Ternyata, biays yang harus saya keluarkab mencapai 1,5 kali monthly stipend saya. Huaaaa, mahal :'(

Saat itu juga saya langsung menghubungi mama dan meminta ditransfer sejumlah uang untuk menutupi biaya tersebut. Bagaimaba reaksi orang tua dan keluarga saya? Oke, mereka cukup (atau mungkin sangat) khawatir dengan keadaan saya. Namun, saya berusaha meyakinkan mereka bahwa saya baik-baik saja dan operasi yang akan dilakukan hanyalah operasi kecil dan mereka tidak perlu datang ke sini. Tapi, sepertinya ucapan saya tidak cukup menghilangkan kekhawatiran mereka. Orang tua saya pagi ini pun terbang ke Singapur untuk menjenguk keadaan anaknya :')

dan ya, setelah urusan administrasi selesai, saya dibawa ke ruang rawat inap untuk menunggu giliran saya dioperasi. Satu jam, dua jam, tiga jam dan berjam-jam kemudian telah berlalu, masih belum ada kabar dari ruang operasi kapan giliran saya. Selama itu juga saya berusaha menahan sakit yang "arrrrrgggghhhh......." luar biasa, naik turun.

Selama menunggu di ruang rawat inap itu juga saya mengabarkan keluarga saya, mbak Yenny, Emir dan Galan. Kebetulan sekali saat itu Galan akan pergi ke Mustafa yang lokasinya tidak jauh dari rumah sakit tempat saya dirawat. Saya pun meminta Galan untuk mengunjungi saya dan membelikan charger bb di Mustafa karena saat itu saya tidak ada persiapan menginap di rumah sakit sehingga tidak sempat membawa charger.
Saya masih menahan rasa sakit yang teramat sangat sembari menunggu kedatangan Galan dab jadwal operasi saya. Doa, istighfar, tasbih, tahmid, tahlil dan shalawat terus saya lantunkan menjelang detik-detik operasi. Saya percaya, semua terjadi atas izin Allah, oleh sebab itu saya meminta kesembuhan yang sempurna dari sang Maha Penyembuh untuk kesembuhan penyakit saya. Saya juga percaya bahwa penyakit ini merupakan tanda Allah sayang sama saya. Dosa-dosa saya mungkin sedang dicuci habis dengan penyakit ini. Terima kasih ya Allah :')

Sekitar jam 6 kurang, Galan akhirnya sampai di tempat saya. Tidak berapa lama kemudian, suster akhirnya masuk ke tempat saya dan meminta saya untuk ganti baju. Saat itu saya tidak sadar bahwa sudah masuk giliran saya untuk bersiap-siap operasi. Sempat ke kamar mandi dan memakai jilbab, akhirnya dibawalah saya ke ruang operasi oleh suster (yang statusnya masih mahasiswa keperawatan) ke operation theatre.
Sampai di operation theatre ternyata saya harus menunggu (lagi) selama kurang lebih 1,5 jam karena ada kasus emergency, ibu melahirkan dengan operasi caesar. Saya pun kembali menunggu dengan tidak tenang karena masih menahan sakit yang teramat sangat. Kembali, do'a dan dzikir saya lantunkan untuk mengurangi sakit tersebut.

Beberapa kali saya memanggil suster dan menanyakan kapan giliran saya dioperasi. Ada satu suster yang sangat baik sekali melayani saya sebelum operasi. Beliau berkali-kali meminta maaf karena saya harus menunggu lama untuk operasi yang sebetulnya cukup sebentar. Terakhir kali ia menemui saya, ia berkata operasi ibu melahirkannya sudah selesai dan 15 menit lagi saya bisa maauk ruang operasi.
Sekitat 15 menit kemudian, datanglah dokter bedah dan dokter anastesi membawa saya ke ruang operasi yang sebenarnya. Lagi2 identitas, riwayat kesehatan dan penyakit, kapan mens terakhir, ada alergi obat atau tidak dan lain sebagainya. Kemudian saya dijelaskan mengenai dua alternatif anastesi, "ditidurkan" dengan uap atau bius di tubuh bagian belakang (yang mana saya masih bisa melihat operasinya). Dokter juga menjelaskan segala resiko dari masing-masing pilihan. Saya pun memilih untuk "ditidurkan" dengan uap yang menurut saya resikonya paling minimal. O ya, sebelum dioperasi saya diminta kembali menandatangani surat persetujuan tindakan operasi dan anastesi setelah dokter menjelaskan segala kemungkinan resiko yang terjadi pada saat dan pasca operasi. Saya juga sempat di"tes" kesadaran sebelum masuj ke ruang operasi dengan menanyakan identitas, tanggal lahir, nomer kartu identitas dan apa tujuan saya di sana.

Operasi yang saya tunggu-tunggu pun akhirnya berlangsung dengan lancar. Bangun-bangun saya langsung merasakan sakit yang teramat sangat sebab luka bekas operasi. Dokter anastesi pun langsung memberikan suntikan morfin dan beberapa waktu kemudian, saya merasa lebih baik. Waktu pemulihan di ruang operasi berjalan sekitar 45 menit. Saya sadar masuk ke ruang operasi jan 20.05 dan berada di ruang pemulihan sampai pukul 21.54. Cukup cepat bukan? Sepertinya operasi saya merupakan tindakan operasi terakhir yang dilakukan para dokter hari itu. Saya bisa melihat betapa para petugas operasi hari itu lelah sekali dan ingin segera pulang.
Selepas operasi saya masih belum bisa (takut) untuk terlalu banyak bergerak. Alhamdulillah, abses saya telah diangkat dengan sempurna dan saat ini saya sudah bisa duduk, berdiri dan jalan dengan lancar.
Alhamdulillah ya Allah :')

Mohon doanya agar segera pulih ya teman2 :)

Komentar

Neti Tri Winanti mengatakan…
Vinaaa :"( Cepet sembuuh ya :(
Ketika aku baca posting kamu sebelumnya, aku pikir nggak terlalu parah (sekedar infeksi) dan akan sembuh dengan pemberian antibiotik.
Aah, pasti sedih ya Vin semuanya sendirian di awal-awal. Kalo aku pasti udah nangis-nangis, udah sakit, ditambah harus nyari dokter dan pergi-pergi sendiri, dan memutuskan sendiri. >__<
Syafakillah Viin :"
Ecky Agassi mengatakan…
semoga sembuh sempurna ya vin, aamiin :)
avina_nadhila mengatakan…
Maacih Neti dan Ecky, alhamdulillah keadaan sekarang sudah jauh lebih baik. Mohon doanya ya. Semoga teman-teman tetap dalam kondisi sehat dan bahagia selalu :)
Unknown mengatakan…
dear mbak vina, saya mau tanya pengalaman mbak saat SMA itu kondisinya seperti apa ya? karena saya baru merasakan ada benjolan di pinggir miss V juga tapi tidak sakit dan tidak mengganggu. dari pengalaman2 yg saya baca termasuk pengalaman mbak vina, benjolan tersebut muncul lagi dan menimbulkan rasa sakit. adakah saran mbak vina untuk saya? karena mama saya menyarankan utk menunggu seminggu ini. jika hilang atau mengempis berarti tidak ada apa2. tapi saya masih kuatir jika dibiarkan seperti itu akan muncul lagi satu saat dan justru lebih parah. mohon pencerahannya, terima kasih :)
avina_nadhila mengatakan…
Halo mbak Grace,
maaf sekali saya baru balas...
Apakah benjolan tersebut masih ada saat ini? Kalau masih ada, saran saya segera cek dengan dokter kandungan/obstetri-ginekologi karena bisa jadi itu abses yang sedang membesar sehingga timbul rasa sakit. Sebetulnya tidak dioperasi tidak apa-apa, pengalaman saya dioperasi karena benjolan itu mengganggu sekali. Semoga sehat selalu ya mbak Grace :)
avina_nadhila mengatakan…
Halo mbak Grace,
maaf sekali saya baru balas...
Apakah benjolan tersebut masih ada saat ini? Kalau masih ada, saran saya segera cek dengan dokter kandungan/obstetri-ginekologi karena bisa jadi itu abses yang sedang membesar sehingga timbul rasa sakit. Sebetulnya tidak dioperasi tidak apa-apa, pengalaman saya dioperasi karena benjolan itu mengganggu sekali. Semoga sehat selalu ya mbak Grace :)
avina_nadhila mengatakan…
Halo mbak Grace,
maaf sekali saya baru balas...
Apakah benjolan tersebut masih ada saat ini? Kalau masih ada, saran saya segera cek dengan dokter kandungan/obstetri-ginekologi karena bisa jadi itu abses yang sedang membesar sehingga timbul rasa sakit. Sebetulnya tidak dioperasi tidak apa-apa, pengalaman saya dioperasi karena benjolan itu mengganggu sekali. Semoga sehat selalu ya mbak Grace :)
Unknown mengatakan…
sama mba..saya juga baru 3 hari lalu operasi abses bartholini...ampunnnnn deh...ga ga mau lagi...
Unknown mengatakan…
Mbk vina,apakh benjolan dan rasa sakit itu ada di miss v mbk?waktu sakit saat SMA apa tdk dioperasi & akhirnya kambuh lgi?trus utk penyembuhn total pasca operasi butuh wakty brp lama?maaf prtnyaanya bnyk..mkasih mbk vina
Unknown mengatakan…
mba hbs operasi rasanya gimana,soalnya q disuruh operasi tp takut.
Avina mengatakan…
Halo mba Rufi,

iya, betul, benjolan dan rasa sakit itu ada di daerah miss v, area labia mayora bagian kiri. Waktu SMA tidak operasi karena saya pikir tidak berbahaya, kemudian kambuh lagi sekitar 6 tahun kemudian. Total waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan pasa operasi sekitar 1-2 hari, tapi saya masih harus kontrol ke dokter sekitar 2 minggu sampai 1 bulan setelah operasi :)
Anonim mengatakan…
Hai mba vinaa maaf saya mau tanya ni.. saya juga pernah mengalami abses bartholin bulan september lalu sampai membesar 3-4 cm. Karena ga kuat nahan sakit sampai pingsan saya dibawa k rumah sakit, belum sempat di tangani dokter keesokan harinya abses saya suah pecah tanpa tindakan apa2. Setrlah itu baru ditangani dokter untyk dilakukan pembersihan.sampai 1 bulan kemuian alhamdulilah sudah tidak merasakan apa2. Terus pas setelah mens bulan berikutnya saya merasakn sakit lagi tapi tanpa benjolan yg mebesar hanya bengkak saja. Apakah dulu mba setelah operasi merasakan kambuh kambuh lagi tidak mba? Teruskeadaan mba sekarang bagaimana? Apakah kondisi mba sudah normal karena tidak terjadi benjolan lagi atau seperti apa? Terimakasih
Anonim mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avina_nadhila mengatakan…
Halo mbak Wulan dan mbak,
Alhamdulillah, setelah operasi tidak ada benjolan lagi.Memang terkadang agak gatal di daerah kewanitaan saya, tapi tidak ada benjolan lagi. Saya juga khawatir penyakit ini akan kambuh. Apalagi kalau misalnya saya tidak keputihan/keluar cairan dr miss v, sebab itu artinya bisa jadi ada penumpukan cairan di kelenjar bartholin. Oleh karena itu sekarang saya jadi lebih memperhatikan kebersihan di daerah kewanitaan saya, lebih baik dioperasi saja jika mengganggu.
avina_nadhila mengatakan…
Halo mbak Wulan dan mbak,
Alhamdulillah, setelah operasi tidak ada benjolan lagi.Memang terkadang agak gatal di daerah kewanitaan saya, tapi tidak ada benjolan lagi. Saya juga khawatir penyakit ini akan kambuh. Apalagi kalau misalnya saya tidak keputihan/keluar cairan dr miss v, sebab itu artinya bisa jadi ada penumpukan cairan di kelenjar bartholin. Oleh karena itu sekarang saya jadi lebih memperhatikan kebersihan di daerah kewanitaan saya, lebih baik dioperasi saja jika mengganggu.
risa mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
risa mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avina_nadhila mengatakan…
Halo Mbak Kiky,

Maaf saya kurang tahu kalau benjolan di dalam lubang vagina. Sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter kandungan/obgyn. Kalau benjolan di luar vagina (daerah labia mayora), daerah pinggirnya, bisa jadi abses kelenjar bartholin.
shinta mengatakan…
Malam mba Avina...saat ini sy sdng merasakan sakit dr kelenjar bartholin ini...sudh ke rumah sakit kt dokternya kelenjar bartholin,dikasih obat utk mengurangi rasa sakit,lalu br bbrp obt sy minum pecah keluar nanah gtu,sy pikir sembuh kn ya,mba..tp koq skrg nyeri lg stlh obatnya habis..dan ada merah2 gtu ngebentuk mata nanah,mba..baiknya sy lgs konsul ke dokter lagi dan lgs oprasi aja kali ya mba..sakiy skali bwt jalan dan duduk..mohon pencerahannya ya mba...Tks
My Life mengatakan…
Hallo avina kita mengalami hal yg sama boleh aku tau umurmu brp skrng? Yg jd fikiranku apakah ini jd penghambat untuk memiliki keturunan? Kata dokter sih beda hal. Tapi mau tau info2 dr yg lain. Thank you :)
Unknown mengatakan…
Halo Mbak Vina,
Mau menanyakan sewaktu operasi, jenis operasinya berupa pemasangan kateter utk pengeluaran cairannya atau pengangkatan kista langsung? Pengalaman saya operasi utk penyakit kista bartholin ini sudah 2 kali, dan dua2nya hanya berupa pengeluaran cairan. Utk saat ini saya mengalami penyakit ini lagi. Lagi bingung mau ke RS mana. Posisi saya di Medan. Bermaksud mau periksa ke KK Women's and Children Clinic ini. Saya ada baca di blog lain ada yg berupa pengangkatan kistanya langsung yg sebesar biji kacang katanya berikut kantong bartholinnya.
Anonim mengatakan…
Mbk vina kira2 biaya yg dikeluarkan untuk operasi berapa ya ? Terimakasih
avina_nadhila mengatakan…
@Mba Shinta

Halo mba Shinta, maaf ya baru bales. Sebaiknya memang langsung dibawa ke Obgyn mbak, dokter pasti tahu cara penanganan yang tepat. Soalnya saya juga pernah kena abses bartholin sebelumnya dan yang sebelum dioperasi itu kambuh lagi, semakin parah, jadi memang sebaiknya dioperasi saja :)

@Diah Titiek
Halo mba Diah, ini insya Allah ga akan jadi penghambat punya keturunan kata dokterku, sebab absesnya di luar rahim. Umurku sekarang 24 tahun mba, tapi pas operasi 21 tahun :)

@yenny cen
Halo mba Yenny, saya kurang tahu juga ya, sepertinya yang dikeluarkan cairannya saja, kantong bartholinnya tetap ada. Iya mba, saya rekomen segera langsung periksa ke KK saja, pelayanannya cepat dan mudah :)

@anonim
Halo, kemarin saya kena untuk operasi sekitar SGD 2,000 termasuk rawat inap satu malam di KK Hospital. Kalau di Indonesia saya kurang tahu berapa biayanya. Terima kasih.
Anonim mengatakan…
Met mlm mbak vina.sy jg lg kena abses kelenjar bartholin. 2 mggu lalu membengkaknya dan berasa nyeri. Sy lgs ke dokter spesialis kulit dan kelamin.diksh obat antibiotik dan 1 mcm obat lg.jg dikasih obat utk rendam (peka). 1 mggu ini rasa sktnya berkurang. Td sy ke dokter lg dan dokter menawarkan utk mengeluarkan isi nanahnya. Sy tkt membayangkan daerah situ disuntik.tkt sakitnya.jd sy diksh obat lg.katanya kl hr kmis blm pch sy hrs kntrl lg dan dktr hrs mengeluarkan nanahnya.sy agak tkt. Gmn sebaiknya menurut mbak vina?
avina_nadhila mengatakan…
Halo mbak, sebaiknya kalau menurut saya harus segera dikeluarkan nanahnya. Memang, akan terasa agak sakit ketika nanahnya pecah sendiri, oleh sebab itu, jika ada pilihan operasi lebih baik ambil pilihan itu karena jika operasi kita tidak akan terasa sakitnya karena dibius. Tapi kalau Mbak juga masih takut untuk operasi, nanahnya bisa dikeluarkan sedikt-sedikit dengan merendam bagian yang terkena abses di air yang agak panas. Semoga kejas sembuh ya Mbak...
Unknown mengatakan…
hari ini saya oprasi bartolin .. luar biasa sakit nya....
avina_nadhila mengatakan…
Wah, bagaimana rasanya Mbak setelah dioperasi? Pasti lebih baik ya... Semoga lekas pulih :)
Unknown mengatakan…
Sy kena lg mba vin, pernah dg operasi dn pecah sendiri. Skrg dah mu seminggu. Sy coba dg herbal, alhamdulillah rasa sktnya tdk sedahsyat sblmnya. Cuma brnjolannya msh besar aj. Sy dg 2 pengalaman sblmnya, pngnnya ckp dg obat sj, obat apa ya spy cpt pecah?
Unknown mengatakan…
Ya Allah mba avina sakit nya luar biasa saya ga membayangkan sesakiit ini .. tp alhmdllah penyakit nya sudah terbuaang jauuh .. semoga ga kambuh lagi.. maaih masa penyembuhan dan belum bisa duduk
Anonim mengatakan…
Memang berulang2 ya kambuhnya klu hanya dikeluarkan nanahnya.saya sdh 3x kelenjarnya membesar.hrskah dioperasi.ke dokter mana yg tepatnya
avina_nadhila mengatakan…
@mba Eti, wah, saya kemarin dioleskan salep dan minum obat asam mefenamat untuk mengurangi sakitnya mbak. Mba Eti bisa coba merendam daerah yang terkena benjolan di air hangat, saya kemarin disarankan dokternya seperti itu untuk mengempeskan benjolannya.

@mba rika: iya, sakit sekali memang mbak, semoga lekas sembuh dan tidak kambuh lagi.

Ke dokter obsgyn yang paling tepat untuk mengatasi abses kelenjar bartholin.
Unknown mengatakan…
Mak vina saya sedang merasakan sakit itu sekarang. Dan penyakit itu kambuh udah ke 3 kali nya sama yg sekarang. Yg pertama setelah itu pecah sendiri setelah bbrapa kali di beri obat sama dkter dan akhirnya sembuh. Nah yg ke 2 itu baru kerasa2 gejala nya ada sakit saya langsung minum obat antibiotik yg sama saat dulu saya sakit dan akhirnya sembuh tidak membesar. Nah yang sekarang ini membesar lagi. Tapi saya takut dan sedikit malu kalau untuk oprasi. Mak vina bisa share obat antibiotik nya apa saat sakit itu??
Anonim mengatakan…
mba evina, saya mau nanya...saya 2 minggu yang lalu operasi kista bartholin...alahamdulillah sudah agak baikkan..tapi bengkaknya masih ada kecil..apa itu belum sembuh ya...jahitan sudah kering...berapa lama ya sampai bengkaknya hilang?
Banon mengatakan…
Asalamualaikum, ba boleh tanya apakah harus sampai pecah? Saya mngalami hal yg sama dan yg sya lakukan berendam di air hangat agar mengempis alhamdulilah mulai megempis, tapi nanah nya tidak kluar apakah harus keluar? Terimakasih
Banon mengatakan…
Asalamualaikum salam kenal mba, kbtulan ay mengalami hal yg sama sudah 4hari ada pembengkakan dan sedikit sakit di bagian bibir mis v sya, pnanganan yg dlakukan betendam di air hangat alhamdulilah sudah sdkt mengecil tapi blm keluar nnhnya, Apakah nNah harus sampai kluar? Dan apakah mba juga mrasa gatal sblm d tindaklanjuti dan sprti kram di bagian bawah prut? Trmakasih
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum mbak vina,
Saya sedang mengalami gland bartholin cyst, saya sudah seminggu ini minum antibiotik dan asam metamat yg diresepkan dokter. Dan saya juga sudha merendam dengan air hangat setiap hari, saya lakukan 2xsehari, namun benjolannua hanya berkurang sedikit. Saya baca blog beberapa orang yg sudah mengalami ini, mereka melakukan operasi seperti mbak vina. Mbak jika dioperasi seperti mbak vina apa menggangu selaput dara yg ada di perempuan ya?karena benjolannya ini menganggu tapi saya sangat takut jika besok dokter menyuruh saya operasi.
Unknown mengatakan…
Mbak vina, jika dioperasi apakah mengganggu selaput dara pada perempuan tidak ya?

Terima kasih
avina_nadhila mengatakan…
@mba vera: waktu itu saya dikasih asam mefenamat untuk mengurangi rasa sakit, untuk antibiotiknya saya lupa mba apa namanya. Semoga sudah sembuh ya sekarang.

@anon: waktu itu proses pemulihan saya 2-3 hari mba, tergolong cukup cepat. Saya kembali ke dokter lagi untuk lepas benang jahitan 2 minggu kemudian. Mungkin di antara waktu setelah operasi dan lepas benang jahitan ada sedikit bengkak.

@mba Sari: waalaikumsalam, sebaiknya nanahnya keluar mba, karena kalau masih di dalam artinya masih abses dan jika itu dibiarkan akan sakit sekali. Saya sendiri tidak merasakan gatal dan kram perut, hanya saja karena bengkak jadi susah berjalan.

@mba Siska: waalaikumsalam mba, insyaAllah operasinya di luar bibir vagina, jadi tidak akan mengganggu selaput dara.
Unknown mengatakan…
saat ini saya sedang mengalaminyaa mbak , ini pertama kalinya buat saya.. subhanallah sakitnya luar biasa sekali yaa mba.. buat jalan dan duduk sajaaa susah..
sudah konsultasi ke dr obgyn, dari dokter hnya diberikan antibiotik saja sedangkan untuk anti nyerinya saya minum as mefenamat tpii itupun masih berasa sekali skitnyaa ..
kira2 brpa lama mbak sembuh dan pecah absesnya yaa ?
Nrl mengatakan…
Mbk vina, saya sudah 2x ini mengalami bartholin pecah dengan sendirinya, apa tidak berpengaruh pada rahim yaa? Terima kasih :)
Nrl mengatakan…
Mbak vina, saya sudah 2x ini mengalami bartholin pecah dengan sendirinya, apa tidak pengaruh ke rahim? Terima kasih :)
Unknown mengatakan…
Halo mbak vina, saya udh pernah ke dokter kulit dan kelamin sbnyk 2x untuk dikeluarkan nanahnya. Apakah sebaiknya ke dokter kandungan untuk penanganan yg lebih tepat agar tidak kumat lagi spt skrg ? Brp lama masa pemulihan dan apakah kita masih bs melakukan aktifitas ringan (jalan,duduk,berdiri) selama masa pemulihan (dengan jahitan masih terpasang) ? Soalny sy gabisa cuti lama.

Terimakasih untuk artikelnya, sangat bermanfaat :)
Joice mengatakan…
Halo mba vina, saya mau tanya. Setelah pencabutan benang apa msh perlu berendam di air hangat utk meredakan nyeri nya atau tungggu sampai hilang sendiri.
avina_nadhila mengatakan…
@unknown: halo mba, iya, sakit sekali memang, saran saya segera dioperasi mbak karena jika terlalu lama akan sakit terus dan tidak nyaman. Kalau tunggu pecah nanti bisa infeksi kalau tidak segera ditangani.
@Nrl: sejauh yang saya ketahui tidak ada ya mbak, karena kelenjarnya terletak di luar rahim. Namun, bisa dicek kembali ke dr obgyn :)
@astrid: halo mba Astrid, sebaiknya memang langsung ke dokter kandungan mba, karena yang lebih tepat menangani di dokter kandungan. Alhamdulillah proses penyembuhan pasca operasi saya relatif cepat, saya hanya menginap di rumah sakit selama satu malam. Jahitan saya dilepas 2 minggu kemudian dan setelah operasi sudah bisa aktivitas secara normal :)
@Joice: halo mba Joice, air hangat bisa sangat membantu untuk meredakan nyeri selain obat asam mefenamat. Proses pemulihan setiap orang berbeda-beda mba, namun untuk menjaga agar tidak terjadi abses lagi ke depannya cukup dijaga kebersihan di area miss V dengan baik :)
renny mengatakan…
Mb vina saat ini saya sdg mengalami pembengkakan d dinding vagina sebelah kiri kata dokter infeksi kelenjar bartholin. Rasanya sakit sekali untuk jalan, duduk, tidur pun sulit. Rasanya seperti disayat2 dr dalam. Apa mb vina jg merasakan hal yg sama? Saya sudah ke 2 dokter tp hanya diberi antibiotik dan anti nyeri. Tp bengkaknya sm sekali tidak mengecil yg ada malah tambah perih ini. Apa harus operasi kl gini mbak? Makasih
Rindy Hutagalung mengatakan…
Assalamualaikum mba vina. Saya saat ini juga sedang mengalami nya sudah dari tgl 20 des, pertama x saya ngerasa ada benjolan entah saya sudah langsung feeling klo ini kista bartholini, krn 3 thn lalu pun saya mengalami hal yg sama. Dan rasa sakit nya sangat hebat hny dng wktu 3 hari benjolan nya sudah sgt besar hingga sya tidak bisa berjalan dn duduk. Akhirnya saya ke rs dn langsung di bawa ke spesialis kandungan dokter nya langsung menyarankan saya untuk operasi hari itu juga krn tidak tega melihat saya. Sama persis sprti mba stlah operasi masa pemulihan 2 minggu dan alhamdulillah sembuh. Saat ini terulang lagi hal yg sama. Dn saat dokter menyarankan untuk operasi sya ngga mau. Krn sudah kebayang rasa sakit nya lagi. Saya mnt dgn obat mba. Yg saya mau tny kan disini. Adakah info untuk mengobati kista bartholini tanpa operasi. Dan benjolan ini akan pecah dengan sendirinya kira kira berapa hari ya mba?? Terima kasih.
bun mengatakan…
Halo mba vina, saya juga mengalami kista bartholin, ada pembengkakan di bibir miss v seblh kiri.. tapi sudah sebesar kelereng, saya msih bisa beraktivitas seperti duduk, dan berjalan .. tetapi sangat mengganggu sekali saat berhubungan suami istri,apa lagi ketika saat membasuh miss v :( minta sarannya dong mbak apakah pembengkakan ini harus segera diatasi? ..
Unknown mengatakan…
Mba
Saya juga baru operasi kista batrtholin kemarin
Mba mau nanya kmrin sakitnya itu brp lama ya mba?
Unknown mengatakan…
Mba vina kemarin sakitnya brp lama mbak?
Unknown mengatakan…
Aku lg ngalamin sendiri nih mba, ini yg ketiga kalinya :'( belum pernah ke spog si. Waktu awal kenanya aku searching di google dan nemu obat penghilang nyerinya : cefadroxyl 500gr dan asam mefenamat, ya agak menghilangnya nyerinya si mba. Trus dikomprea air hangat (agak panas dikit) di yg bengkaknya. Alhamdulillah waktu kena pertama kempes, yg kena kedua pecah sendiri. Dan skr datang lg tp rasa nyerinya lebih luar biasa dibanding sebelumnya. Mau ke spog takut operasi, hiks.... aku jd malas bergerak krn perihnya luar biasa. Mudah2n cepet hilang ini bengkaknya :'(
Unknown mengatakan…
Aku lg ngalamin sendiri nih mba, ini yg ketiga kalinya :'( belum pernah ke spog si. Waktu awal kenanya aku searching di google dan nemu obat penghilang nyerinya : cefadroxyl 500gr dan asam mefenamat, ya agak menghilangnya nyerinya si mba. Trus dikomprea air hangat (agak panas dikit) di yg bengkaknya. Alhamdulillah waktu kena pertama kempes, yg kena kedua pecah sendiri. Dan skr datang lg tp rasa nyerinya lebih luar biasa dibanding sebelumnya. Mau ke spog takut operasi, hiks.... aku jd malas bergerak krn perihnya luar biasa. Mudah2n cepet hilang ini bengkaknya :'(
Kista Bartholin mengatakan…
terima kasih bunda sudah berbagi pengalamannya, izin share ya bun !
Cindy Kencana Mawa mengatakan…
Mbaaa aku mau nanya itu pertama kali kejadiannya waktu sma? Apa yang mba lakukan waktu sma ketika terkena kista tersebut? Diabaikan atau diberikan obat? Mohon jawabannya mba :')
Cindy Kencana Mawa mengatakan…
Lalu mba berapa biaya tersebut? Apa cukup mahal?
avina_nadhila mengatakan…
@renny: Halo Mba Renny, maaf baru balas, tidak harus dioperasi, bisa tunggu pecah sendiri. Abses kelenjar bartholin yang kedua saya pecah sendiri, memang agak sakit sih, hehe.

@Rindy Hutagalung: bisa mbak, dengan obat akan pecah sendiri, selain itu berendam air hangat atau dikompres dengan air hangat di sekitar kelenjar yang bengkak.

@ayunita chan: bisa dengan antibiotik, asam mefenamat dan berendam di air hangat mbak, semoga membantu...

@Eny byby: sekitar 2-3 minggu mbak, sebelum dioperasi. Kalau yang terakhir kayaknya juga sekitar 2 minggu sebelum pecah sendiri.

@unknown: semoga segera hilang ya mbak sakitnya. Saran saya tetap periksa ke dr obgyn karena bisa jadi kambuh lagi mbak...

@Cindy Kencana: waktu SMA diberikan obat, kemudian dibiarkan kempes sendiri. Waktu operasi tahun 2012 cukup mahal mbak, sekitar 14 juta di Singapura.
Unknown mengatakan…
Kak seminggu yg lalu saya baru saja operasi kista bartholin, ini bekas jahitannya susah kering karna saya mengalami keputihan jd sllu lembab dan susah keringnya... mbak berapa lama ya proses penyembuhannya sampe bnr2 jahitannya kering dan tdk terasa lagi?
Unknown mengatakan…
Q juga baru selesai operasi mbak.. pembengkakan dalam 6 hari, g tahu kalau itu bartolinitis. Penggalan yg luar biasa semoga sudah tidak akan kambuh lagi.
Unknown mengatakan…
Aku juga pernah mengalami penyakit yg sama. Waktu itu aku lagi hamil usia kandungan sekitar 6 bulan. Aku pikir mula ya hanya benjolan biasa yg muncul karena perut hamilku yg makin membesar ( diagnosis orang awam yg sotoy :p ) tapi lama kelamaan, benjolan itu agak gatal dan kdg perih. Ahirnya diusia 7 bulan kehamilan aku ceritakan pd dokter spog ku. Ya kata dokter itu kista bartolin. Kista ini harus diangkat. Tidak boleh dibiarkan pecah sendiri krn rasanya akan sangat sakit sekali. Namun karena aku sedang hamil besar, risikonya lbh tinggi bila diperasi pada saat itu maka diambillah jalan yg paling memungkinkan yaitu aku melahirkan dengan cara operasi caesar yang setelahnya langsung dilakukan operasi pengangkatan kista bartolinnya. Jadi dalam 1x bius dilakukan 2 operasi. Alhamdulillah operasi berjalan lancar tetapi penderitaanku blm berakhir. Setelah pulang kerumah, sayatan bekas operasi terkontaminasi bakteri yang disebabkan oleh darah nifas. Akibatnya kista bartolin yg telah dioperasi itu kembali membengkak 2x lipat dr ukuran sebelumnya dan sakitnya 10x lipat dibanding sebelum operasi. Ya alloh.. tiap hari aku menangis.. kdg histeris krn pedihnya sangaatt pediihh.. bbrp kali suami mencoba menghubungi dokter sopg yg mengoperasiku tp bliau cuma bilang kalau tidak demam tdk apa2. Tiba waktu cek up mingguan setelah lahiran aku lsg cerita apa yg aku alami. Dokter kaget bukan main melihat kondisi vaginaku yg katanya acak2an. Dokter mengharuskan operasi ulang lg. Dgn meminta persetujuan suamiku ahirnya operasi sito dilakukan. Aedih bgt krn harus pisah dr bayiku yg baru berumur 1 minggu. Tapi bersyukur jg krn bayiku gak rewel sama sekali selama proses penyakit ini. Walhasil aku opname lg di rs setelah operasi. Suami tidak mau lsg pulang dan meminta bantuan sustter untuk memebersikan dan merawat luka bekas operasiku agar tidak terjadi kesalahan lg yg menyebabkan infeksi lg. Namun.. skrg aku beritahukan kpd semua perempuan yg sedang nifas atau yg sedang hamil, jgn sekali2 melakukan 2 operasi sekaligus. Krn risiko lebih besar. Bakteri dalam darah dapat dgn mengkontaminasi hasil operasian. Ini setelah operasi yg ke 2, suster dan dokter kaget bukan kepalang ( apalagi aku ) krn kista bartolin pd vagina sebelah kiriku membengkak. Jd labia mayora sebelah kiriku luka bekas operasi, sedangkan labia mayora kananku membengkak.. bayangkan sakitnya seperti apa. Aku setuju dgn kata2 avina, mudah2an sakit ini adalah cuci dosa2 kita dimasa lalu. Setelah dirawat selama 1 minggu lebih di rs, suami bingung biayanya. Maka aku dibawa pulang dgn kondisi msh spt itu. Dgn meminta bantuan teman suami yv suster, aku membersikan merawat dan me gibati vaginaku sendiri. Tiba waktu cek up, suami mengajak utk pidah dokter. Suami buat janji jam 3 sore. Pada saat hendak ke dokter yg baru, kista aku pecah sendiri. Rasanya tidak sakit sama sekali. Cuma terasa spt keluar darah mens. Warnanya hitam pekat. Smp tiba ddpn dokter spog yg barupun cairan terus keluar. Kata dokter itu bagus. Mudah2an cepat kempes. Setelah itu sakitnya berkurang tapi masih belum kempes juga. Pada saat periksa minggu bwikutnya, dokter baru ini jg menyarankan operasi jg. Saat itu aku merasa ingin menyerah saja. Sbg wanita aku merasa sudah tidak berharga lagi. Aku mau pergi yg jauh atau mati saja rasanya. Tapi aku teringat bayi kecilku yg blm bisa apa2. Krn walaupun dgn susah payah aku msh terus menyusui bayiku. Asi ekslusif. Suami terus meyakinkanku bahwa penyakit ini pasti bisa sembuh asalkan kita tawakal kepadaNya. Aku bilang aku tidak mau operasi lagi. Selain sakit sekali sesudahnya uang jg jd faktor. Maka kuteruskan pengobatan yg dianjurkan dokter stiap hari. Merendam kista dgn air hangat yg dicampur dettol 3x sehari. Bila dirasa sakit minum pereda nyeri. Cuma itu aja. Selama krg lbh 3 bulan. Berangsur2 kista mengempes. Yg tadinya sebesar bola kasti ( setelah pecah jd sebesar twlor bebek ) lama kelamaan kempes dan skrg sudah hilang. Ttpi pengalaman inu menyisakan trauma bagiku. Bila kdg vagian terasa gatal aku lsg was2. Smapai skrg..
Anonim mengatakan…
Halo mba Vina makasy sebelumnya udah share informasi ini sangat membantu sekali
Saya skrg sedang mengalami yg sama tp saya minum herbal manggis dan daun sirsak dan Alhamdulillah pecah sendiri, yg saya mau tanyakan, luka terbuka karena pecah sendiri tersebut apa pelu saya periksakan kedokter? Terimakasih mba Vina
Unknown mengatakan…
udah sembuh skrg mba ??
Unknown mengatakan…
mba pas pecahnya dia pecahnya melalui apa? robek kah bengkaknya atau gimana?
avina_nadhila mengatakan…
@Karyah Agustin

Halo Mbak, maaf baru respon lagi, kalau saya pas operasi lumayan cepat keringnya, sekitar seminggu, tapi memang harus bersih banget habis itu, ga bisa lagi pakai toilet yang ga ada showernya (waktu di Singapura). Sekarang sudah sembuh kan mba?

@Lis tyowati

Halo Mbak, aamin, semoga tidak kambuh lagi ya. Kalau di kasus saya sempat kambuh lagi, tapi karena sudah tau kalau itu bartholinitis langsung ke dokter SpOG, minta obat dan alhamdulillah pecah sendiri. Setelah itu selalu memastikan kebersihan vagina kita, termasuk tempat pipis dan bab.

@Miss Wulski

Halo Mbak, terima kasih banyak untuk sharingnya. Saya baru tau kalo melakukan operasi saat nifas resikonya besar juga. Saya ngga bisa membayangkan betapa sakitnya Mbak waktu itu, semoga sekarang sudah tidak sakit lagi ya Mbak. Semoga sakitnya kemarin diganti dengan rezeki yang lebih baik, aamin. Tetap semangat!

@Anonim

Halo, sebaiknya diperiksa ke dokter juga ya untuk mengecek apakah ada infeksi atau tidak. Semoga tidak kambuh lagi ya sakitnya.

@Nick Wijaya

Halo, sampai sekarang alhamdulillah tidak kambuh lagi, pecahnya melalui kulit vagina, cairannya rembes sendiri dari kulit.

avina_nadhila mengatakan…
@Juni Arsih

Tidak bahaya mba jika setelah itu lukanya dirawat dan diperhatikan kebersihannya.
obat kista bartholin mengatakan…
This is the most interesting information and fit into our topic. I want to share it with my friends
Unknown mengatakan…
Hallo mbaa,, saya baru baru ini oprasi bartolin juga,, dan baru plng dr rmh sakit,, tqoi jahitan luka saya seperti sengaja ada yg terbuka,, ga tau memang sengaja atau gmn ya,, dan pasca oprasi juga sy ga bisa ngapa ngapain,, tduran terus gerak kekanan ke kiri pun skit ,, apalagi jalan dan duduk.. Kira2 berapa lama ya mba penyembuhannya.. Sy pngn cpt pulih,, kasian anak saya ga terbngkalai :(
Unknown mengatakan…
Sama ka,, aku jd troma,, ini skrng aku masih pnymbuhan,, dan rasanya itu sakit sekali melebihi sebelom oprasi,, kenapa terus2an terjadi ya,, ya allah 😣😣😖
Unknown mengatakan…
Mba vina mau nanya, pas pencabutan benangnya itu sakit ngga?
Unknown mengatakan…
Mba avina,, setelah oprasi sya juga mngalami masih ska sakit nyut2an dasyat,, tapi kadang,, terus jaitan saya tuh ga ada benang nya,, di ttup aja gtu jaitannya,, tapi jaitannya jadi keras kya daging gtu,, dan mengeras,, itu gpp ya? Kmaren udah periksa konsul katanya masih ada yg lecet atau basah,, terus saya jadi ga mens juga, padahal badan udh ga enk ginii kya yg maun mens jadi ga enk badamya,, aku sampe stress bngt gmn caranya biar ga kambuhh lagi kiatanya,, pngalaman sakitnya minta ampun,, apalagi aku,, aku alergi asamepenamat jadi aku g bisa pale pereda nyeri 😣😣😣
Unknown mengatakan…
Haloo vina,, aku juga skrg lgi mengalami hal yg sama.. dan ini udah yg k 6x nya sejak taun 2015.. yg mw saya tanyakan apakah stelah operasi pengangkatan kelenjar itu apa masih suka kambuh g?? Karena aku ada rencana beres tindakan ini aku mw operasi besar sekalian soalnya udah bosen juga sering kaya gini frustasi
Anonim mengatakan…
Mba vina. Untuk makanan ada pantangannya kah?
Unknown mengatakan…
Halo vina..
Saya tgl 3july kmrn kena kista ini, trus di sedot cairannya ke dokter udh enakan. Tgl 29 sy mens, setelah selesai mens ternyata muncul lagi dan terasa sakit benjolannya. Yg pertama sy ke dokter spkk, ni yg skrg sptnya sy mo ke spog aja. Doakan ya say..smoga cpt sembuh , tnp op..tmn2 sependeritaan ttp semangat dan jangan lupa berdoa yg bnyk
Anonim mengatakan…
Halo mbak vina senin kemarin istri saya abis operasi kista bartolini, tidak ada kendala setelah operasi yang saya mau tanyakan setelah operasi apakah darah yg keluar banyak mba? Karena sampe hari ini (hari ke 5 setelah operasi) darah yg keluar seperti darah mens padahal di hari pertama dan kedua pasca operasi darah yg keluar hanya sedikit. Oh iya besok istri saya pas 40 hari pasca melahirkan, apakah darah ini bagian dr kista atau masih darah nifas ya?
Jadwal kontrol masih 3 hari lagi, saya jd khawatir..
Unknown mengatakan…
Hallo mbak.skrg saya juga lg ngalamin.bnr2 sakit buat jln,duduk,dan beraktivitas.mau operasi tp saya takut.
Unknown mengatakan…
Mba aku mau tanya
Saat yg pecah sendiri
Step by step penanganan mba seperti apa yah ?
Skrg saya terkena lagi untuk yg k2x.. Tpi kondisi sedang hamil 3 bulan dan tidak d anjurkan operasi..
Mohon d jawab yah mba
Terimakasih
Unknown mengatakan…
Hallo mb vina, maaf mau nanya. Saya awal nya ada benjolan di th 2010 tidak sakit dan mulai sakit di th 2012 itu pertama kali nya sakit dn saya ke rs dn di rs di kluarkan cairan nya dn saya kira sdh tidak akan kambuh lagi tapi tambah bulan tambah tahun ke 2018 ini sdh 6x saya kambuh dn di toreh di kluarkan cairan nya. Dn sdh brapa kali juga pecah sendiri sampai tak terhitung brapa kali kambuh nya karena keseringan. Maaf untuk saran nya gmna ya mb vina? Apakah harus oprasi diangkat jaringan nya? Agar tidak kambuh lagi. Sakit ini menyiksaku mb. Mkash ya mb
Unknown mengatakan…
Hallo mb vina, maaf mau nanya. Saya awal nya ada benjolan di th 2010 tidak sakit dan mulai sakit di th 2012 itu pertama kali nya sakit dn saya ke rs dn di rs di kluarkan cairan nya dn saya kira sdh tidak akan kambuh lagi tapi tambah bulan tambah tahun ke 2018 ini sdh 6x saya kambuh dn di toreh di kluarkan cairan nya. Dn sdh brapa kali juga pecah sendiri sampai tak terhitung brapa kali kambuh nya karena keseringan. Maaf untuk saran nya gmna ya mb vina? Apakah harus oprasi diangkat jaringan nya? Agar tidak kambuh lagi. Sakit ini menyiksaku mb. Mkash ya mb
Unknown mengatakan…
Ass.. Mbak jika kista bartolin udah pecah karna berendam air hangat tapi masih ada benjolan tersisa.. Waktu pecah keluar darah warna merah muda dan ada juga kehitaman.. Sisa benjolan itu bagaimana menangulanginya..? apakah ulangi merendam.. Atau minta bantuan dokter.. Sekarang lagi libur..praktek dokter kandungan jg tutup.. Rumah sakit jg tutup polynya.. Saya harus bagaimana? Ini baru pertama kali Kena kista bartolin..
Unknown mengatakan…
Halo mb vina, aq jg mengalami hal yang sama kista bartholin. Seminggu yg lalu aq operasi tpi sampai skrg msh klr darahnya, mb vina kmrin klr darah sampai berapa hari ya,
Unknown mengatakan…
Halo mb vina, aq jg mengalami hal yang sama kista bartholin. Seminggu yg lalu aq operasi tpi sampai skrg msh klr darahnya, mb vina kmrin klr darah sampai berapa hari ya,
Anonim mengatakan…
Mba vina aku, aku baru saja mengalami penyakit barthonilitis awal tahun 2019. Tepatnya tanggal 1 nyeri itu dimulai. Awalnya aku hanya berpikir kalo ini nyeri biasa, namun pada hari ke 5, aku coba memeriksa ke klinik dan katanya ini kista bartholin dan harus dioperasi saat itu juga. Aku tidak melakukan operasi karna saat itu aku tidak punya biaya. Setelah itu aku coba bolak balik ke Rs deket rumah ku dengan rs yang berbeda untuk benar2 memastikan apa benar aku kena kista bartholin? Akhirnya tanggal 9 jan aku ke rumah sakit hermina ke spesialis kulit dan kelamin. Dia bilang aku belum kena kista tapi baru barthonilitis ( pembengkakan) sampai sekarang aku masih bingung perbedaannya ��
Dokter menyebutkan untuk periksa ke dokter obgyn esoknya. Baru di tgl 10 aku merasakan sakit sekali sampai tidak mampu bergerak lagi dan akhirnya aku digendong untuk diantar ke dokter obgyn. Aku langsung masuk ugd dan diberi obat melalui lobang pantat. Rasa sakitnya mulai hilang dan sebelum menemui dokter, obat tersebut mulai hilang. Dan sakit hanya bisa menangis terus menerus sampai bertemu dokter. Bagian luka tersebut dibersihkan dengan refanol dan sakit sekaliiii.... perih tersebut lumayan lama aku rasakan. Aku diberikan beberapa obat lagi... dan salep yang sebelumnya. Sampai di rumah aku masih menangis terus karna membesar sekali dan tidak bisa bergerak tidurpun sakit sekali...mengompres pun masih sakit sekali.. aku masih mengikuti saran dokter dan ketika tengah malam aku terbangun karna mendengar suara buka pintu. Dari jam 2 pagi sampai jam 4 aku tidak bisa tidur padahal sudah menutup mata. Sampai jam 5 aku hampir tidur.. namun aku merasakan kalo suatu cairan keluar dari miss v ku. sakit tersebut agak memudar, ternyata pecah dan nanah bercampur darah mulai keluar perlahan dan bau sekali... Untuk mamaku setia menemaniku dan terbangun berkali2 ketika aku menangis. Namun setelah berhenti mengalir sambil aku pencet2 ternyata benjolan tersebut masih ada. dan Miss v ku luka aku lihat. Mba saya mau nanya apakah saya harus ke dokter atau saya rendem lagi pakai air hangat? dokter sih hanya menyarankan untuk di kompress saja. tapi bekas lukanya masih nyeri aku rasakan sampai siang ini. Kata mamah aku, aku disuruh nunggu 2 hari atau ditunggu besok. Menurut mba vina gimana? apakah masih ada banyak nanah di kelaminku dan aku harus periksa ke dokter sekarang? apakah lebih baik saya dioperasi? karna saat aku raba aku merasa masih ada gumpalan di dalamnya dan aku sangat takut bila tumbuh lagi karna aku tidak tahan terhadap sakitnya. Sedih banget mba sampe aku berpikir mau mati aja gitu... karna lebih2 dari pada kecelakaan dulu2..
Unknown mengatakan…
Proses pembersihannya di bius ngga mba ? Sya lg skit kista niehh :(
Unknown mengatakan…
Sekarwang udhsembuh blm kaka? Wku jg skrg sedang mengalami nya masyaAllah skit luar biasa
aura mengatakan…
hai tante vina, aku juga merasakan hal yg sama seperti tante. Tapi aku takut sekali untuk insisi, karna kata nya "tidak di anastesi" aku shocked banget dengernya, aku mau UN lagi, jd aku bingung harus gimana :(
Unknown mengatakan…
Mbak Vina..Saya jg di diagnosa dktr ada kista bartholin..dokter bilang lumsyan besar dan d saranksn untuk operasi..bejolan tersebut tidak sakit ataupun nyeri...apa yg hrs saya lakukan..sy binggung mohon sarannya mbak..trims kasih
Unknown mengatakan…
Mbak vina, sy punya benjolan di vagina sebla kanan, sy pikir ini adalah kista sprt mba, untuk priksa lebih baik d dr kndungan atau dr kulit dan kelamin ya mba?
Anonim mengatakan…
Hai kakk, aku juga dari SMA ngalamin ini sebelum operasi udah kambuh 3 kali dan akhirnya dioperasi lah diambil kaya akarnya gitu bentuknya kaya tengahnya bunga yg kering, kata dokter kalo sudah diambil itu akan sembuh total. Seneng kan tuh, tp mulai 2019 pertengahan lalu kambuh lg jd abses pecah lagi Subhanallah sakit bgt, terus bengkak lagi sampe dua kali tp ga pecah. Akhirnya minggu ini muncul lg absesnya. Gede bgt sedih bgt mbak, apakah kaya gini bakal dioperasi lg yaa? Padahal berharap bgt 2016 lalu pas operasi sembuh total dong karna pusatnya penyakit udah diangkat dan dibuang :")
avina_nadhila mengatakan…
Halo teman2 (yang kebanyakan Anonim, hehe).

Terima kasih sudah berbagi cerita di blog ini ya, maaf sekali aku baru bisa respon sekarang, semoga teman-teman saat ini sudah sehat dan kelenjar bartholinnya sudah normal kembali ya :)

@anonim, 15 Maret 2020: Halo mbak, alhamdulillah udah operasi ya. Kalau belum menikah, dokter tidak menyarankan kelenjarnya diangkat, karena akan sangat berpengaruh jika nanti berhubungan seksual dengan suami. Untuk operasi, insisi mungkin ya lebih tepatnya, jika ada benjolan/abses lagi, mungkin bisa konsultasi lebih lanjut ke dokter obgyn ya Mba, karena kelenjar ini memang bisa abses berkali-kali, dan jika pecah sepertinya tidak perlu dioperasi lagi, semangat!

@unknown, 14 Januari 2020: halo mbak, untuk memeriksakan kista ini ke dokter Obgyn ya mba.

@unknown, 13 Desember 2019: dioperasi jika sudah menganggu dan sakit sekali mba, untuk pengobatan bisa berendam dengan air hangat untuk mengurangi nyeri. Bisa menunggu hingga absesnya pecah, namun biasanya akan sakit ketika pecah karena nanahnya keluar dan tidak jarang ada darahnya.

@aura, 29 Maret 2019: semoga sudah solved ya Aura, insisi yang saya lakukan di Singapura melalui pembiusan total, sepertinya tergantung dari tingkat kegawatdaruratan kasusnya. Kalau operasi pilihannya harusnya tetap ada anastesi sih. Semoga terus membaik ya :)

@siska, 5 Februari 2019: bisa dirangsang dengan menempelkan tisu/kain yang sudah dimasukan ke air hangat ke bagian yang benjol mba, untuk merangsang pecahnya abses.

@unknown, 18 Januari 2019: Alhamdulillah sudah mba, semoga tidak kambuh lagi ya hehe.

@unknown, 18 Januari 2019: dibius total dulu mba, selama saya menjalani operasi.

@unknown, 11 Januari 2019: Halo mba, terima kasih sudah berbagi ceritanya dan semoga saat ini keadaannya sudah jauh lebih baik ya Mba. Sebaiknya dikompres saja ya untuk bekas absesnya, jika masih nyeri mungkin bisa minta obat ke dokter. Jika sudah pecah, harusnya sudah keluar semua mba nanahnya, jika masih merasa ada benjolan, mungkin masih ada sisa nanahnya, bisa dirangsang dengan kompres air hangat di sekitar benjolannya ya. Semoga tidak kambuh lagi bartholinitisnya :)

@unknown, 27 Desember 2018: setelah operasi sepertinya hanya 1-2 hari mba, untuk pemulihan, cepat sekali waktu itu. Alhamdulillah. Kalau untuk darah sepertinya tergantung kasusnya juga ya mba, ada yang pendarahannya hanya beberapa hari ada yang perlu waktu lebih panjang sampai pendarahan berhenti total. Semoga sehat selalu :)

@unknown, 25 Desember 2018: direndam terus dikompres mba, untuk mengurangi rasa sakit dan merangsang agar nanahnya keluar semua. Sehat selalu ya Mba :)

@unknown, 1 Desember 2018: saran saya segera ke dokter obgyn, jika belum memungkinkan bisa dikompres dengan air hangat agar absesnya pecah sendiri. Untuk pengangkatan jaringan/kelenjar ini harus konsultasi lebih lanjut dengan obgyn ya :)
Anonim mengatakan…
Kak, aku mau tanya. Bekas operasi bartholini kakak masih terasa sakit ga kalau di pegang atau ditekan ? Soalnya tenpatku kadang masih agak sakit2 gt kalo di tekan2. Soalnya kan aku parno an gitu jadi kenapa dikit langsung takut gitu lo kak. Terus habis di operasi masih kayak ada benjolan2 dikit ga ? Atau biasa aja ?
Septania mengatakan…

Hai mba vina,
Aku juga skarang lg ngalamin untuk yg ke dua kalinya, yg pertama hanya dalam waktu 5 hari keluar nanah dengan sendirinya dan benjolannya mengempes. Tapi kenapa yg skarang sudah seminggu gk pecah2 ya mba, bengkaknya juga sudah besar. Apakah harus di operasi mba? Dan setelah operasi apa langsung kempes dan bisa beraktivitas dengan normal?
Avina mengatakan…
@Anonim
Waktu itu ngga sih, begitu selesai operasi langsung hilang sakitnya hehe. Alhamdulillah benjolannya hilang dan ga sakit lg. Kalau masih terasa benjolan, sebaiknya langsung diperiksakan ke obgyn ya.

@Septania
Halo mba Septania, jika sudah mengganggu sekali, sebaiknya dioperasi mba. Setelah operasi, harus istirahat dulu beberapa hari. Terakhir saya di rumah sakit 1 hari sih mba, setelah itu alhamdulillah sembuh dan bisa beraktivitas normal kembali. Semoga lekas pulih ya Mba...

Postingan populer dari blog ini

Aku Takut

 Tragedi stadion Kanjuruhan malam minggu lalu benar-benar membuat aku shock. Sedih dan marah sekali. Kukira di pagi hari aku melihat running text TVone beritanya ada total 129 penonton yang meninggal dalam waktu satu tahun atau mungkin akumulasi semua total korban tewas selama pertandingan sepak bola di Indonesia diadakan. Ternyata bukan, angka tersebut merupakan angka manusia yang hilang nyawanya dalam satu malam . Innalillahi wa inna ilaihi roji'un Bencana kemanusiaan. bukan tragedi. bisa jadi settingan? Naudzubillahi min dzalik, jikalau ini memang di-setting untuk mengguncangkan tanah air dengan ratusan nyawa melayang dalam semalam. Terlepas apapun motifnya, penembak gas air mata (dan yang memberi perintah) harus dihukum seberat2nya.  Di mana rezim yang melindungi? ratusan korban hilang seketika dalam hitungan jam.  Sementara para petinggi masih bisa haha hihi memikirkan perputaran uang yang terhenti sementara karena bencana itu. Ya Allah, lindungilah kami semua. Kami dan keluar

Selamat 7 Bulan Kemilau :)

 Halo anak sayang, Selamat 7 bulan lahir ke dunia ya.  Semoga Kemilau tumbuh sehat, bahagia, jd anak baik dan sholehah, selalu dilindungi Allah SWT dan terhindar dari segala hal-hal buruk dan keburukan. Kemilau yang baik, semakin pintar ya nak sayang, sekarang sudah kuat mengenggam, bisa tengkurap dan bolak balik sendiri. Sudah mulai makan, walaupun kemarin mulai GTM dan diare huhu. Maafin mama ya nak, kemarin kasih kemi makanan yang ngga fresh. Semoga membaik hari ini dan hari-hari berikutnya ya. Nak sayang, mama denger lagu dari tante Raisa, judulnya "Jangan Cepat Berlalu", persis pas mama dengerin lagu ini, teman kantor Mama, mba Dewi dateng dan pesan ke mama, "nikmati waktu-waktu bersama anak ya Vin, ga kerasa tiba-tiba udah besar, udah sekolah, kuliah dll." Nak, mama sayang banget sama Kemi. Kalau Kemi nanti bisa baca ini, Kemi doain mama ya.  I love you Kemilau 💗 Hm hm Saat engkau dipelukanku Ba gaikan beribu kisah cinta Melebur jadi satu Ajariku tentang cin