Langsung ke konten utama

RoadTrip Random #1: Kulineran

Hi guys, 

Jadi, tanggal 21-28 Desember 2019, gw bersama beberapa teman melakukan perjalanan roadtrip dari Jakarta-Semarang-Solo-Surabaya-Madura-Surabaya-Solo-Jogja-Semarang-Bandung-Jakarta.

Lebih dari 2.000km kami tempuh untuk mencari jodoh, eh bukan, mencari hal-hal baik yang bisa kita temui (well, jodoh baik juga sih, wkwk). Intinya sih kita mau liburan aja, berhenti sejenak dari aktivitas harian sambil jalan-jalan. Tujuan sekundernya adalah wisata kuliner dan wisata religi (asik).
Oh ya, kita juga pengen naik kapal, ke pantai dan bermain di laut deng. Alhamdulillah semua dapet, dapet wisata kulinernya, dapet wisata religinya dan dapet naik kapal ke pantai serta main di lautnya.

Di postingan ini gw mau bahas tempat-tempat yang kita datangi untuk kulineran. Cekidot ya:


  •  Semarang


1. Tahu Gimbal dan Soto Neon Pak Nie


Tujuan awal kita sebenernya "Tahu Pong Karangsaru" cumaaa pas kita nyampe pas habis haha, akhirnya ke sini. Letaknya ga jauh dari Tahu Pong Karangsaru. Kita nyobain tahu gimbal, enakkk. Walaupun porsinya agak besar, tapi akhirnya habis juga haha. Gw nyoba yang biasa, ga pedes, bumbu kacangnya ntappsss...

Google maps: https://goo.gl/maps/GVdsaWfP9JXsLeyVA

2. Tahu Pong Karangsaru


Jujur, biasa aja, haha. Gw dan temen-temen gw ga menemukan rasa uniknya, ya kayak tahu pong aja, ditambahin semacam cuko untuk pempek. Tapi tempat ini terkenal banget gegara Bos Djarum sering makan di sini. Kemarin kita agak khawatir makanannya ga halal, karena hampir semua yang makan di sana keturunan Chinese. (maaf rasis ya..)
tapi semoga beneran halal yaa.

Google maps: https://goo.gl/maps/yBSVajuPovFu13ji8

3. Javara Culture Semarang


Tempatnya juarak!!! Persis di depan lapangan sebelah Gereja Bleduk kawasan Kota Lama. Seniman pangan, itu bahasa yang dipake sama Javara untuk mengapresiasi orang-orang yang berada dibalik layar produk Javara. Produk lokal, alami, ga pake pemanis buatan apalagi pengawet. Kita nyobain Es Bunga Telang, Es Kopi Susu (lupa namanya), Cendol Panacotta sama Pofertjes. Makanan ringan dan lucu, belum sempat nyoba makanan berat karena baru makan tahu pong sebelum ke sana, tapi makanan ringannya aja udah juara. Javara memang Juara!

Google maps: https://g.page/javarasemarang?share


  •  Solo


1. Soto Gading 1

tempat makan hunger games, selalu rame dan jangan harap pelayannya bakal cepet ngelayanin kita, wkwk. Antri bos! begitu juga tempat duduk, limited seat, mesti teliti dan cepet2an supaya dapet tempat. Jenis kuah sotonya bening, isinya sedikit daging ayam dan brutu, wkwk. Nasinya langsung dicampur ke soto. Yang enak makanan pendampingnya, gw nyobain sate paru dan tahu-nya. Mantappsss.

Google maps: https://goo.gl/maps/LCXnkkEo3vDdozaL9

2. Susu Segar Gower


Failed susu murninya, tapi susu madu jahe dan susu silverqueennya Juara! Letak persis di depan Stadion Sriwedari (backsound lagu Setapak Sriwedari-nya Maliq and D'essentials), bukanya malam seperti warung susu murni di Solo pada umumnya. Di kawasan ini juga banyak jajanan dan warung makan lain seperti Bestik Darmo yang nampak menarik tapi ga sempat kita beli karena perut sudah full,wkwk.

Google maps: https://goo.gl/maps/SenAzK2KW68jVMNz9

3. Shi Jack

Warung susu hits di Kota Solo, punya beberapa cabang. Gw nyobain es susu madu jahe, enakkk. Susu murni-nya oke kata temen gw yang suka susu, much better dari Gower. Gw nyobain tahu isi dan nasi (kucing) isi bandeng, enakkkk... Trusted, kalo lagi pengen minum susu dan makan ala2, cuss ke Shi Jack

Google maps (cabang Sriwedari): https://goo.gl/maps/uVrKVMcfYraCRJtq6


  •  Surabaya


1. Depot Bu Rudy


Restoran ini pemiliknya sama dengan yang punya the Legend "Sambal Bu Rudy". Cabang ini lebih kecil daripada toko dan restoran yang di Dharmahusada. Pas sampe sana sekitar jam 2, makanan2 gorengannya udah abis, sisa telo (ketela) goreng. Gw pesen nasi campur dan teman2 yang lain pesen nasi bakar, nasi empal dan tentunya sambal Bu Rudy, unlimited. Sempet kepikiran naro sambalnya di wadah sendiri, secara kalo beli satuan agak mahal, wkwk. Okelah untuk yang ingin nyoba sambal Bu Rudy dipadukan dengan makanan2 berat langsung.

Google Maps: https://goo.gl/maps/rpp1kWf9pscxzJq47

2. Zangrandi


Seperti Ragusa di Jakarta ataupun Toko Oen di Malang dan Semarang, Zangrandi menyajikan es krim khas Italia dari tahun 40an (atau lebih tua ya?). Rasanya masih khas banget, es krim kopyornya enak, vanila, coklat dan stroberinya berasa semua. Paling enak emang makan es krim sambil sharing apalagi dibayarin (Thanks Luluk!). 

Google Maps: https://g.page/zangrandi-ice-cream?share


3. Soto Ayam Lamongan Cak Har


Ini area hunger games yang kami datangi di Surabaya. Sampai di sana sekitar jam 8 malam, ruameeee pollll. Soto ayam dengan pilihan nasi pisah atau nasi campur dan pilihan lain yakni soto berisi jeroan. Mantapsss. Kuahnya segerrr, tapi ya harus sabar nunggu kalo lagi banyak orang. Lahan parkirnya luassss banget wkwk. Banyak jajanan tambahan yang bisa kita beli juga di sana kayak tahu petis dll. Buat pecinta soto, patut dicoba sih ini.

Google Maps: https://goo.gl/maps/S9u82bEqMSrYukDb7

4. Tahu Telor Pak Jayen


Sempet salahpaham, karena yang kita datengin bukan pusatnya. Tahu telor ini banyakan kerupuknya jadi ketutup sama kerupuk semua tahu telornya haha. Rasa kuahnya khas, tahu telornya juga enak. Lebih baik dimakan saat lapar, karena pas kita ke sana kita baru makan bebek Sinjay jadi perut full sekali, wkwk. Petisnya kerasa, kecambahnya membuncah. Pake lontong kenyang banget sih makan ini. Recommended!

Google Maps: https://goo.gl/maps/nXqui78YutkJPWm56
Tahu Pak Jayen pusat: https://goo.gl/maps/imRGys7cFM5qosM59


5. Rujak Cingur Menanggal


Warungnya masuk ke gang, rameee banget (pas ke sana pas lagi rame). Jualannya di depan toko kelontong, ada dua menu "Rujak Mentahan" dan "Rujak Matengan". Rujak mentahan adalah rujak dengan bumbu kacang, mangga muda yang diserut dan petis serta diisi buah-buahan segar dan tahu serta tempe goreng. Ada sayurnya juga. "Rujak Matengan" diisi sama sayur2an yang udah direbus, tempe, tahu dan buah sesuai selera. Cingurnya mantaps, petisnya kerasa. Uenak poll. 

Google Maps: nama tempatnya ga ada di Google Maps, ke sini berkat petunjuk dan arahan Mbak Tri :p


  •  Madura


1. Bebek Sinjay Pusat


Area hunger games yang kita datengin 20 menit sebelum tutup, wkwk. Alhamdulillah masih rezeki, kalo dateng ke sini usahakan sebelum jam 6 sore ya guys. Kata google tutupnya jam 5, alhamdulillah diberikan kesempatan sama Allah makan di sana langsung walaupun sudah lewat dari jam 5 sore. Sambal pencitnya juara. Nasi bebek dipaketin sama air mineral atau teh pucuk harum. Sistemnya bayar dulu ke kasir terus ambil pesenan. Mejanya banyakkk banget, cuma karena kita dateng pas mau tutup ga lihat pas ramenya gimana. Nasinya porsi besar, bisa dibagi dua kalo kebanyakan (kalo bareng temen ke sana maksudnya bagi sama temennya aja). Selain daging, dikasih kulit dan sedikit jeroan bebek, oke lah. Bebek Sinjay juaraaa sambal, daging dan serundengnya. Oh ya ada SEDIKIT lalapan di nasi bebeknya, wkwk.

Google Maps: https://goo.gl/maps/TJQ4jhptRVt6s1LA8

2. Cilok depan Masjid Agung Sumenep (Pentol)


Enak, murah. Pake kecap aja juga udah enak banget, karena laper kali ya. Panas2 menghangatkan gitu, pokoknya kalo mampir di masjid keraton sumenep carilah abang2 cilok di depan masjidnya.

Google Maps: https://goo.gl/maps/N7B1CKCNWMq5RgTu7


  •  Gresik


1. Warung Pak Kasan Ikan Sembilang


Pernah denger kuliner "Ikan Sembilang"? Belum, sama! Sebelum tahu tempat makan ini, ga pernah tau kalo ikan itu eksis di laut, wkwk. Diketahui ikan ini diambil dari perairan laut dalam, fresh from the panci, dimasak kuah kuning, sedap sekali. Tempat makannya mewah alias mepet sawah. Recommended buat yang suka ikan seperti Bu Susi Pudjiastuti.

Google Maps: https://goo.gl/maps/bz6sfqcXvrRcGR2w6


  •  Jogja


1. Sate Klathak Pak Pong

Menunggu satu jam kurang untuk dapat 8 tusuk sate kambing yang dibakar menggunakan besi sebagai pengganti tusuk lidi. Tongseng kambingnya enakkkk, pelayanannya lama tapi ya, secara ini tempat femes banget sebagai salah satu tempat yang didatangi Rangga dan Cinta di film AADC2. Worth the wait lah!

Google Maps: https://goo.gl/maps/hoJ6vNpwvW5Rcxtg8

2. Mie Ayam Bu Tumini


Juara mie-nya, kuahnya kentalll kari ayamnya enak. Nunggunya sebentar karena mas2 pelayannya udah terlatih menghadapi sekian ratus orang dalam satu waktu, wkwk. Recommended!

Google Maps: https://goo.gl/maps/TBWqWzhoAcJDGybd9

3. Cokelat Monggo


Bukan restoran sih, tapi ini pabriknya. Bisa nyobain coklat sepuasnya, wkwk. Beli coklat yang 41% susu dan praline chocolate yang belum dicoba. Enak sekali coklatnya, namun harap hati-hati karena di toko ini ga ada restoran atau cafe-nya. Jadi yang berharap minum es coklat, jangan ke sini, wkwk.

Google Maps: https://g.page/chocolatemonggo?share

4. Nanamia Pizzeria


Tempat makan pizza ter-hits se-Jogja, suasananya kayak di Italia. Dekorasinya, foto-fotonya, kata-kata yang ditulis di dindingnya. Pizza dan pastanya enak, pizzanya dibakar dengan kayu bakar jadi rasanya keluar. Buat yang mau makan western di daerah Jogja, patutlah dicoba restoran ini.

Google Maps: https://g.page/nanamiamozesgatotkaca?share

Kayaknya segitu dulu reviewnya, gw akan cek ke temen2 randomtrip gw kalo mereka ada tambahan tempat makan yang kita datengin, gw akan update di sini.

See ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operasi Abses Kelenjar Bartholini

Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabar kawan2? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat serta tetap semangat menjalani aktifitas.
Apa kabar saya?

Alhamdulillah, keadaan saya hari ini jauh lebih baik dari kemarin maupun beberapa hari yang lalu. Teman2 yang baca postingan saya sebelumnya mungkin telah mengetahui bahwa beberapa hari ke belakang saya menderita suatu penyakit yang membuat saya susah duduk, bangun dan berjalan. Sampai - sampai saya harus masuk UGD untuk disuntik obat penghilang rasa sakit di pantat saking tidak tahannya.
Ternyata, setelah pulang dari UGD, obat penghilang rasa sakit itu hanya bertahan satu malam. Keesokan harinya, saya mengalami sakit yang sama. Susah duduk, bangun dan berjan. Terkadang, rasanya perih sekali, sampai-sampai saya menangis karena tidak dapat menahan sakitnya. Namun, karena sudah diberikan salep dan obat penghilang rasa sakit beberapa saat sakitnya mereda. Bahkan dua hari kemudian saya memberanikan diri untuk pergi ke Jurong Point sendirian memb…

PKS dan Kampus

Assalamualaikum Wr.Wb.

Iseng, lagi googling ttg "Majelis Syuro SALAM UI" eh malah nemu di thread ini http://forum.dudung.net/index.php?topic=14562.20;wap2

padahal, tadinya gw mau ngebandingin aktivitas LDK2 di universitas2 di Indonesia, macam Salam UI dan Gamais ITB...yo weis lah....
skg saatnya dibuka semuanya....

yang mau tau siapa mereka?apa saja yang mereka lakukan? yuk intip curhatan mba Arbania Fitriani ex-kader PKS

Saya waktu mahasiswa adalah kader PKS mulai dari 'am sirriyah sampai ke 'am jahriyah. Mulai dari saya masih sembunyi-sembunyi dalam berdakwah, sampai ke fase dakwah secara terang-terangan, sejak PKS masih bernama PK sampai kemudian menjadi PKS. Dalam struktur pengkaderan PKS di kampus, ada beberapa lingkaran,yakni lingkaran inti yang disebut majelis syuro'ah (MS), lingkaran ke dua yakni majelis besar (MB), dan lingkaran tiga yang menjadi corong dakwah seperti senat (BEM), BPM (MPM), dan lembaga kerohanian islam. Jenjangnya adalah mulai dari lembaga d…

Persiapan Kuliah di Luar Negeri (part 1)

Banyak orang yang bertanya2,  bagaimana cara gw bisa mendapatkan beasiswa, S2 ke luar negeri?
Hmm, pertanyaan yang sebetulnya bisa dijawab dengan jawaban yang berbeda-beda dari bermacam-macam orang. Alhamdulillah, gw diberi kesempatan oleh Allah untuk melanjutkan kuliah di Singapura dengan full beasiswa. Persiapan gw untuk melanjutkan kuliah ini sebetulnya kurang lebih gw siapkan sejak 6 bulan sebelumnya. Pertama, cari-cari info tentang syarat2 untuk S2 di luar negeri. Rata-rata aplikasi untuk S2 atau S3 di luar negeri udah dibuka di akhir tahun sampai awal tahun berikutnya (November - April). Karena dulu gw kepengen banget kuliah di Oxford, jadi patokan gw untuk apply S2 ya ke sana. Masing-masing universitas punya syarat pendaftaran yang beda-beda. Umumnya, untuk jurusan sosial, jurusan semacam HI, politik lebih tepatnya, cuma butuh nilai TOEFL/IELTS, surat rekomendasi, esay dan ijazah. Alhamdulillah banget, gw waktu itu dapet contoh surat rekomendasi dan esay buat apply S2 dari kak …