Mindfulness

No Comments
Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Haloooo, lama tak jumpa ya, lebih dari 5 bulan sejak tulisan terakhir dan saya belum menulis apapun di blog ini sejak pergantian tahun.
Alhamdulillah, masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu bulan Ramadhan 1440H, semoga senantiasa dimudahkan dan dilancarkan dalam menjalankan ibadah serta berbuat amal kebaikan di bulan suci ini.

Target puasa saya kali ini, saya ingin puasa saya maksimal dan berkualitas. Bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga mengontrol diri dari hal2 yang tidak perlu seperti bergosip, negative thinking dan malas. Ah ya, soal ini, masih banyak pe er untuk diri saya, saya juga ingin lebih mindful dalam menjalana kehidupan sehari-hari.

Istilah "Mindfulness" pertama kali saya dengar dari Mba Tala, sebuah kajian dalam bidang psikologi yang mendorong manusia untuk bersikap lebih bijak dan "mindful" dengan segala hal yang dia lakukan. "Mindfulness" mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan menikmati detik kehidupan. Beberapa literatur yang saya baca juga mengajarkan "Mindfulness" sebagai hal yang dapat mengontrol tindakan manusia dari "impulsiveness" dan buru-buru. Dua hal yang juga tidak dianjurkan dalam Islam.

Saya rasa bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk melatih kebiasaan "Mindfulness" ini. Selamat berpuasa ya teman-teman :)

Salam,

Avina
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar