Langsung ke konten utama

Ketika hasil BOP-B masih terasa memberatkan (untuk camaba S1 reguler SIMAK UI 2010 yang mengajukan BOP-B) , tolong disebar!

Copy paste dari http://www.facebook.com/#!/notes/haryo-wisanggeni/ketika-hasil-bop-b-masih-terasa-memberatkan-untuk-camaba-s1-reguler-simak-ui-201/394769808190

1. Saya shock dengan hasil BOP-B saya. Apakah masih ada cara lagi untuk meringankan beban biayanya?
Jawab:
UI menjawab e-mail dengan 2 cara, yaitu penawaran beasiswa bidik misi dan penyampaian masalah lewat e-mail. Tempuhlah cara sesuai dengan yang ada di accountmu, ikuti prosedurnya (perhatikan tanggal, karena hanya berlaku sampai tanggal 27 Mei 2010).

2. Apakah saya bisa banding?
Jawab:
Ini bukan pengadilan, lagi. :) Tapi kamu bisa minta keringanan atas pembebanan besaran biaya yang diberikan ke kamu. Caranya, ya, via e-mail tadi. Jangan lupa, formatnya:
* Nama lengkap
* NPM
* Asal fakultas
* Permasalahan yang disampaikan
* Bukti pendukung baru
ke bop-berkeadilan@ui.ac.id.
Sabar, ya, e-mail akan dibalas tanggal 31 Mei 2010.

3. Bagaimana dengan waktu pembayaran yang hanya sampai tanggal 31 Mei itu?
Jawab:
Semua yang mengajukan e-mail kendala status pembayarannya berubah OTOMATIS TUNDA BAYAR, jadi jangan khawatir dengan batas tanggal 31 Mei itu karena akan diperpanjang untuk semua pengaju sampai dengan tanggal 14 Juni 2010.

4. Bukti pendukung baru itu apa?
Jawab:
Bukti yang mendukung permasalahan yang kamu sampaikan dan belum pernah kamu kirim bersama berkas BOP-B kemarin (jadi jangan kirim bukti rekening listrik lagi, misalnya). Kalau alasan yang membuatmu berat adalah karena keluarga ada yang sakit, kirim bukti sakitnya (bisa surat dokter, rumah sakit dsb).

5. Saya merasa sudah mengirimkan semua bukti. Saya tidak punya bukti baru. Tapi saya masih merasa sangat berat dengan pembebanan biaya ini. Apalagi yang harus saya sampaikan?
Jawab:
Coba rinci lagi apa kendala yang kamu hadapi. Misalnya adik banyak dan sekolah semua. Ada buktinya, kan? Rinci serinci-rincinya, ya. Tapi nggak usah panjang-lebar juga.

6. Saya nggak sesuai target, nih, dapetnya 1 juta, targetnya 800 ribu. Kalo gitu saya kirim e-mail minta keringanan aja, ah.
Jawab:
Nggak nakut-nakutin, nih. Tapi hasil keringanan ada 3 kemungkinan: turun, tetap, atau malah naik. Jadi pastikan kamu memang bener2 nggak mampu untuk bayar segitu baru ngajuin e-mail keringanan, ya. Kalo BOP-UP kamu nggak berubah sama sekali atau terlalu jauh dari kemampuan, nah, silahkan sampaikan kendalamu via e-mail tersebut, ya. Insya Allah kalau kendalamu memang terbukti, BOP-UP-mu akan disesuaikan dengan kemampuanmu.
Jadi jangan cemas, ya. Semua kendalamu bisa dikomunikasikan dengan UI. Dan jangan ragu, itu hak kamu.

7. Tadi ada frasa "kalau terbukti"? Berarti ada mekanisme pembuktian, dong?
Jawab:
Oleh sebab itu jujur, ya. Kalo kita jujur, ga ada yang perlu dikhawatirkan, kok. :)

8. Saya nggak menyanggupi bayar tunai. Apakah BOP-B bisa dicicil?
Jawab:
Yup, bisa. Minta cicil aja pas kirim e-mail masalah ke bop-berkeadilan@ui.ac.id. Skemanya 40%-30%-30%.

9. Saya sangat khawatir ga jadi mahasiswa UI karena ketidaksanggupan saya akan biaya ini.
Jawab:
UI menjamin tidak akan mengeluarkan mahasiswa dengan alasan ketidakmampuan ekonomi dari orang tua atau penanggung biaya kuliah mahasiswa tersebut.

Haryo wisanggeni_staf ahli pendidikan dan kebijakan kampus pusgerak BEM UI 2010

Bagi yang ingin mengajukan keringanan atas BOP dan UP yang diterimanya segera kirim email ke: bop-berkeadilan@ui.ac.id paling lambat malam ini pukul 00.00!!!! dengan mencantumkan:
* Nama lengkap...
* NPM
* Asal fakultas
* Permasalahan yang disampaikan
* Bukti pendukung baru

Bukti baru dapat berupa adanya keluarga yang sakit keras, atau surat hutang, atau adik masuk SMA pada tahun ini. Jika ada bukti fisik seperti surat hutang misalnya sebaiknya di scan dan dilampirkan di email

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operasi Abses Kelenjar Bartholini

Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabar kawan2? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat serta tetap semangat menjalani aktifitas.
Apa kabar saya?

Alhamdulillah, keadaan saya hari ini jauh lebih baik dari kemarin maupun beberapa hari yang lalu. Teman2 yang baca postingan saya sebelumnya mungkin telah mengetahui bahwa beberapa hari ke belakang saya menderita suatu penyakit yang membuat saya susah duduk, bangun dan berjalan. Sampai - sampai saya harus masuk UGD untuk disuntik obat penghilang rasa sakit di pantat saking tidak tahannya.
Ternyata, setelah pulang dari UGD, obat penghilang rasa sakit itu hanya bertahan satu malam. Keesokan harinya, saya mengalami sakit yang sama. Susah duduk, bangun dan berjan. Terkadang, rasanya perih sekali, sampai-sampai saya menangis karena tidak dapat menahan sakitnya. Namun, karena sudah diberikan salep dan obat penghilang rasa sakit beberapa saat sakitnya mereda. Bahkan dua hari kemudian saya memberanikan diri untuk pergi ke Jurong Point sendirian memb…

PKS dan Kampus

Assalamualaikum Wr.Wb.

Iseng, lagi googling ttg "Majelis Syuro SALAM UI" eh malah nemu di thread ini http://forum.dudung.net/index.php?topic=14562.20;wap2

padahal, tadinya gw mau ngebandingin aktivitas LDK2 di universitas2 di Indonesia, macam Salam UI dan Gamais ITB...yo weis lah....
skg saatnya dibuka semuanya....

yang mau tau siapa mereka?apa saja yang mereka lakukan? yuk intip curhatan mba Arbania Fitriani ex-kader PKS

Saya waktu mahasiswa adalah kader PKS mulai dari 'am sirriyah sampai ke 'am jahriyah. Mulai dari saya masih sembunyi-sembunyi dalam berdakwah, sampai ke fase dakwah secara terang-terangan, sejak PKS masih bernama PK sampai kemudian menjadi PKS. Dalam struktur pengkaderan PKS di kampus, ada beberapa lingkaran,yakni lingkaran inti yang disebut majelis syuro'ah (MS), lingkaran ke dua yakni majelis besar (MB), dan lingkaran tiga yang menjadi corong dakwah seperti senat (BEM), BPM (MPM), dan lembaga kerohanian islam. Jenjangnya adalah mulai dari lembaga d…

Persiapan Kuliah di Luar Negeri (part 1)

Banyak orang yang bertanya2,  bagaimana cara gw bisa mendapatkan beasiswa, S2 ke luar negeri?
Hmm, pertanyaan yang sebetulnya bisa dijawab dengan jawaban yang berbeda-beda dari bermacam-macam orang. Alhamdulillah, gw diberi kesempatan oleh Allah untuk melanjutkan kuliah di Singapura dengan full beasiswa. Persiapan gw untuk melanjutkan kuliah ini sebetulnya kurang lebih gw siapkan sejak 6 bulan sebelumnya. Pertama, cari-cari info tentang syarat2 untuk S2 di luar negeri. Rata-rata aplikasi untuk S2 atau S3 di luar negeri udah dibuka di akhir tahun sampai awal tahun berikutnya (November - April). Karena dulu gw kepengen banget kuliah di Oxford, jadi patokan gw untuk apply S2 ya ke sana. Masing-masing universitas punya syarat pendaftaran yang beda-beda. Umumnya, untuk jurusan sosial, jurusan semacam HI, politik lebih tepatnya, cuma butuh nilai TOEFL/IELTS, surat rekomendasi, esay dan ijazah. Alhamdulillah banget, gw waktu itu dapet contoh surat rekomendasi dan esay buat apply S2 dari kak …