Ketika hasil BOP-B masih terasa memberatkan (untuk camaba S1 reguler SIMAK UI 2010 yang mengajukan BOP-B) , tolong disebar!

No Comments
Copy paste dari http://www.facebook.com/#!/notes/haryo-wisanggeni/ketika-hasil-bop-b-masih-terasa-memberatkan-untuk-camaba-s1-reguler-simak-ui-201/394769808190

1. Saya shock dengan hasil BOP-B saya. Apakah masih ada cara lagi untuk meringankan beban biayanya?
Jawab:
UI menjawab e-mail dengan 2 cara, yaitu penawaran beasiswa bidik misi dan penyampaian masalah lewat e-mail. Tempuhlah cara sesuai dengan yang ada di accountmu, ikuti prosedurnya (perhatikan tanggal, karena hanya berlaku sampai tanggal 27 Mei 2010).

2. Apakah saya bisa banding?
Jawab:
Ini bukan pengadilan, lagi. :) Tapi kamu bisa minta keringanan atas pembebanan besaran biaya yang diberikan ke kamu. Caranya, ya, via e-mail tadi. Jangan lupa, formatnya:
* Nama lengkap
* NPM
* Asal fakultas
* Permasalahan yang disampaikan
* Bukti pendukung baru
ke bop-berkeadilan@ui.ac.id.
Sabar, ya, e-mail akan dibalas tanggal 31 Mei 2010.

3. Bagaimana dengan waktu pembayaran yang hanya sampai tanggal 31 Mei itu?
Jawab:
Semua yang mengajukan e-mail kendala status pembayarannya berubah OTOMATIS TUNDA BAYAR, jadi jangan khawatir dengan batas tanggal 31 Mei itu karena akan diperpanjang untuk semua pengaju sampai dengan tanggal 14 Juni 2010.

4. Bukti pendukung baru itu apa?
Jawab:
Bukti yang mendukung permasalahan yang kamu sampaikan dan belum pernah kamu kirim bersama berkas BOP-B kemarin (jadi jangan kirim bukti rekening listrik lagi, misalnya). Kalau alasan yang membuatmu berat adalah karena keluarga ada yang sakit, kirim bukti sakitnya (bisa surat dokter, rumah sakit dsb).

5. Saya merasa sudah mengirimkan semua bukti. Saya tidak punya bukti baru. Tapi saya masih merasa sangat berat dengan pembebanan biaya ini. Apalagi yang harus saya sampaikan?
Jawab:
Coba rinci lagi apa kendala yang kamu hadapi. Misalnya adik banyak dan sekolah semua. Ada buktinya, kan? Rinci serinci-rincinya, ya. Tapi nggak usah panjang-lebar juga.

6. Saya nggak sesuai target, nih, dapetnya 1 juta, targetnya 800 ribu. Kalo gitu saya kirim e-mail minta keringanan aja, ah.
Jawab:
Nggak nakut-nakutin, nih. Tapi hasil keringanan ada 3 kemungkinan: turun, tetap, atau malah naik. Jadi pastikan kamu memang bener2 nggak mampu untuk bayar segitu baru ngajuin e-mail keringanan, ya. Kalo BOP-UP kamu nggak berubah sama sekali atau terlalu jauh dari kemampuan, nah, silahkan sampaikan kendalamu via e-mail tersebut, ya. Insya Allah kalau kendalamu memang terbukti, BOP-UP-mu akan disesuaikan dengan kemampuanmu.
Jadi jangan cemas, ya. Semua kendalamu bisa dikomunikasikan dengan UI. Dan jangan ragu, itu hak kamu.

7. Tadi ada frasa "kalau terbukti"? Berarti ada mekanisme pembuktian, dong?
Jawab:
Oleh sebab itu jujur, ya. Kalo kita jujur, ga ada yang perlu dikhawatirkan, kok. :)

8. Saya nggak menyanggupi bayar tunai. Apakah BOP-B bisa dicicil?
Jawab:
Yup, bisa. Minta cicil aja pas kirim e-mail masalah ke bop-berkeadilan@ui.ac.id. Skemanya 40%-30%-30%.

9. Saya sangat khawatir ga jadi mahasiswa UI karena ketidaksanggupan saya akan biaya ini.
Jawab:
UI menjamin tidak akan mengeluarkan mahasiswa dengan alasan ketidakmampuan ekonomi dari orang tua atau penanggung biaya kuliah mahasiswa tersebut.

Haryo wisanggeni_staf ahli pendidikan dan kebijakan kampus pusgerak BEM UI 2010

Bagi yang ingin mengajukan keringanan atas BOP dan UP yang diterimanya segera kirim email ke: bop-berkeadilan@ui.ac.id paling lambat malam ini pukul 00.00!!!! dengan mencantumkan:
* Nama lengkap...
* NPM
* Asal fakultas
* Permasalahan yang disampaikan
* Bukti pendukung baru

Bukti baru dapat berupa adanya keluarga yang sakit keras, atau surat hutang, atau adik masuk SMA pada tahun ini. Jika ada bukti fisik seperti surat hutang misalnya sebaiknya di scan dan dilampirkan di email
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar