Langsung ke konten utama

Olimpiade Ilmu SOsial 2010



Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk tingkat SMA/MA se-Indonesia

Deskripsi Acara
Olimpiade Ilmu Sosial 2010 merupakan ajang tahunan bagi para siswa/-i Sekolah Menengah Atas se-Indonesia untuk berkompetisi dalam bidang Sosial. Paper Writing Competition (PWC) merupakan seleksi awal dari Olimpiade Ilmu Sosial (OIS) 2010. PWC juga menjadi wadah bagi para siswa/-i untuk berlatih menuliskan ide-ide kreatif dan menawarkan solusi atas isu yang diangkat, yaitu ” Peran Generasi Muda dalam Membangun Bangsa”. Peserta dapat memilih salah satu dari tiga perspektif yang diambil yakni :
• Perspektif Ekonomi
• Perspektif Politik
• Perspektif Sosial-Budaya
Seluruh paper yang masuk kemudian akan diseleksi untuk memilih 29 sekolah yang akan meengikuti putaran final Olimpiade Ilmu Sosial pada tanggal 1-6 Agustus 2010, sementara pemenang OIS 2009 tidak perlu mengikuti proses ini. Dalam seleksi awal ini diberlakukan sistem kuota per daerah sehingga keterwakilan setiap daerah juga diperhatikan di samping kualitas peserta.

Makalah tersebut dibuat sesuai struktur dan sistematika makalah yang baik dan benar meliputi :
1. Pendahuluan, yang berisi penilaian atas:
a. Latar belakang: makna penting dan menariknya masalah tersebut untuk ditelaah, berisi uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan.
b. Rumusan masalah: ketajaman penulis dalam mengintisarikan permasalahan yang ditelaah, mengandung pertanyaan yang akan dijawab melalui penulisan.
c. Maksud dan tujuan: sesuatu yang bermanfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
d. Kerangka teori, berisi uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pendapat yang dikaji, uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
e. Metode penulisan: penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat analisis-sintesis, mengambil kesimpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.


2. Bagian isi / Pembahasan, yang berisi penilaian atas:
a. Identifikasi masalah: kejelian penulis dalam mengintisarikan permasalahan yang akan dianalisis secara jelas dan tidak berbelit-belit.
b. Analisis masalah: didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
c. Data penunjang: kemampuan untuk memperkuat pernyataan yang dituangkan dalam analisis makalah dan memiliki kesesuaian dengan konteks yang ingin disampaikan.
3. Bagian akhir atau penutup, mengandung kesimpulan yang harus konsisten dengan analisis permasalahan, saran yang disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan. Bagian ini juga memuat daftar pustaka.

Selain itu, makalah juga harus memperhatikan beberapa hal antara lain:
1. Pemakaian Bahasa meliputi:
a. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sekaligus efektif dan efisien.
b. Teknik penulisan (misal: tanda baca)
2. Topik:
a. Relevansi dengan realita kehidupan sosial atas salah satu dari ketiga isu yang ditawarkan panitia.
c. Contoh kasus: kemampuan untuk menggunakan contoh yang konkret dan sesuai dengan konteks kasus yang diangkat.
d. Originalitas ide dan gagasan: kemampuan penulis makalah dalam mengangkat isu serta menyampaikan ide dan gagasan baru secara cerdas.
e. Objektivitas data dan fakta: kemampuan penulis dalam menempatkan tulisan yang menggambarkan sikap objektivitasnya dan kejernihan penulis dalam memilah-milah data dan fakta yang diambilnya.
3. Pencantuman sumber data: terkait relevansi sumber-sumber bacaan dengan pembahasan topik permasalahan dan format penulisan daftar pustaka dan kutipan yang benar.

Deadline pengumpulan karya : 12 Juni 2010 (cap pos)

lebih lengkapnya, bisa dilihat di poster di bawah ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operasi Abses Kelenjar Bartholini

Assalamu'alaikum wr. wb. Apa kabar kawan2? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat serta tetap semangat menjalani aktifitas. Apa kabar saya? Alhamdulillah, keadaan saya hari ini jauh lebih baik dari kemarin maupun beberapa hari yang lalu. Teman2 yang baca postingan saya sebelumnya mungkin telah mengetahui bahwa beberapa hari ke belakang saya menderita suatu penyakit yang membuat saya susah duduk, bangun dan berjalan. Sampai - sampai saya harus masuk UGD untuk disuntik obat penghilang rasa sakit di pantat saking tidak tahannya. Ternyata, setelah pulang dari UGD, obat penghilang rasa sakit itu hanya bertahan satu malam. Keesokan harinya, saya mengalami sakit yang sama. Susah duduk, bangun dan berjan. Terkadang, rasanya perih sekali, sampai-sampai saya menangis karena tidak dapat menahan sakitnya. Namun, karena sudah diberikan salep dan obat penghilang rasa sakit beberapa saat sakitnya mereda. Bahkan dua hari kemudian saya memberanikan diri untuk pergi ke Jurong Point

PKS dan Kampus

Assalamualaikum Wr.Wb. Iseng, lagi googling ttg "Majelis Syuro SALAM UI" eh malah nemu di thread ini http://forum.dudung.net/index.php?topic=14562.20;wap2 padahal, tadinya gw mau ngebandingin aktivitas LDK2 di universitas2 di Indonesia, macam Salam UI dan Gamais ITB...yo weis lah.... skg saatnya dibuka semuanya.... yang mau tau siapa mereka?apa saja yang mereka lakukan? yuk intip curhatan mba Arbania Fitriani ex-kader PKS Saya waktu mahasiswa adalah kader PKS mulai dari 'am sirriyah sampai ke 'am jahriyah. Mulai dari saya masih sembunyi-sembunyi dalam berdakwah, sampai ke fase dakwah secara terang-terangan, sejak PKS masih bernama PK sampai kemudian menjadi PKS. Dalam struktur pengkaderan PKS di kampus, ada beberapa lingkaran,yakni lingkaran inti yang disebut majelis syuro'ah (MS), lingkaran ke dua yakni majelis besar (MB), dan lingkaran tiga yang menjadi corong dakwah seperti senat (BEM), BPM (MPM), dan lembaga kerohanian islam. Jenjangnya adalah mulai dari

Persiapan Kuliah di Luar Negeri (part 1)

Banyak orang yang bertanya2,  bagaimana cara gw bisa mendapatkan beasiswa, S2 ke luar negeri? Hmm, pertanyaan yang sebetulnya bisa dijawab dengan jawaban yang berbeda-beda dari bermacam-macam orang. Alhamdulillah, gw diberi kesempatan oleh Allah untuk melanjutkan kuliah di Singapura dengan full beasiswa. Persiapan gw untuk melanjutkan kuliah ini sebetulnya kurang lebih gw siapkan sejak 6 bulan sebelumnya. Pertama, cari-cari info tentang syarat2 untuk S2 di luar negeri. Rata-rata aplikasi untuk S2 atau S3 di luar negeri udah dibuka di akhir tahun sampai awal tahun berikutnya (November - April). Karena dulu gw kepengen banget kuliah di Oxford, jadi patokan gw untuk apply S2 ya ke sana. Masing-masing universitas punya syarat pendaftaran yang beda-beda. Umumnya, untuk jurusan sosial, jurusan semacam HI, politik lebih tepatnya, cuma butuh nilai TOEFL/IELTS, surat rekomendasi, esay dan ijazah. Alhamdulillah banget, gw waktu itu dapet contoh surat rekomendasi dan esay buat apply S2 dari kak