Langsung ke konten utama

WorldMUN 2010-Taipei

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hi Guys, long time no new posts in this blog...
sorry, for those who wait for my new stories in HI UI or maybe in other stuff such as BEM-ing, Teaching, etc...

and now, enjoy my story from Taipei...

Jumat, 12 Maret 2010

Pagi2 masih sempet ngampus, eh ternyata ga ada kelas krn disuruh ikut kuliah umum Habibie. Ke kulum bareng anak malsinbru, ketemu na HI09, Wilis, n Faiqoh disana...cabut sekitar pukul 10. Ngetem di rumah, berangkat lagi jam setengah 12. Transit di mesjid raya apa mesjid agung Tangeranr, yg di depan kantor walikota itu...trus cap cus ke Bandara SoeTa.
Sampe bandara udh ada nyokap yg bela2in dtg dr kantor utk nganter anak sulung tercntanya ini...*fyi gw dianterin ama bokap* skalian jemput nenek gw yg baru pulang umroh sih...langsung ketemu anak2 WorldMUN delagasi UI (Riza, Yanti, Min Ah, Fadlin, Sri, Aicha, Gya, Weki, Vivi, Satria, n Boyke)...masuk deh, check-in, pamit bentar sama ortu, langsung boarding....
(sebelumnya, pas siang hari udh dikasih sangu lumayan besar sama om gw :D)
Di pesawat, menikmati film Alvin n the Chipmunks 2...kocak banget...dengerin lagu2 mellow kesukaan gw :)main game yg ada bahasa2 china nya....(bener kata Om Eman, naik China Airlines ga bakal ngeBTin, soalnya banyak hiburannya..haha)
o, ya makanan di pesawat itu juga banyak n enak2...hehe

flight 5 jam,bgtu nyampe sempet takut disorienntasi, untungnya di Taoyuan Int'l Airport udh 'dijemput' sama Pak Zul, org Indonesia, bapak2 ikhwan kenalannya Fadlin...rombongan dianterin (ditemenin) beliau pake bus ke hostel "Happy Family" yg ltaknya di daerah Taipei Main Station. Turun2 bingung, dimana hostelnya? eh, ternyata hostelnya ngumpet di belakang toko "INDO JAYA" (yep, disitu emg banyak org Indonesia)....dan kita harus bawa KOPER segede2 gaban, naik ke lantai 4 dan 5...fufufu...emang aslinya itu hostel buat backpacker...dan untuk 7 malem, kita bayar 2710 NTD alias kira2 sekitar 600rb buat penginapan+Wi Fi+air minum+kulkas+air hangat...WI FI nya Keuncennnnggg bgt loh...hehehe...jadi hari pertama gw habiskan 2710+150 NTD = 2860 NTD

Sabtu, 13 Maret 2010

Jalan2 liat TICC dan TWTC tempat konferensi WorldMUN 2010, ditemani mas Ario Muhammad (kenalannya Fadlin *lagi, dan ikhwan *lagi) diajak makan di resto Indonesia di daerah Gongguan yang harus ditempuh melalui MRT-MRT-BUS-jalan kaki, yang jauhnya naujubilee...makan nasgor abis 80NTD plus beli telor, jadi total 85 NTD...lanjut ke Grand Mosque...sholat disana ada matrasnya, jadi kalo sujud, duduk diantara dua sujud, n tahiyat ga pegel...nemu resto "mat'am al-islami" jual makanan halal yg asli Taiwan, tp ga sempet kesana...abis itu lanjut kita ke daerah Manhattan-nya Taipei...liat gedung tertinggi kedua di dunia Taipei 101...liat2 tempat konferensinya, foto2, lalu pulanggg
Hari kedua abis sekitar 85+25+15+15+20+18+35 = 213 NTD

Minggu, 14 Maret 2010

Hari Pertama WorldMUN, opening ceremony @ Sun Yat Sen Memorial Hall, dihadiri langsung oleh presiden Taiwan, R.O.C. Bertemu dan berkenalan dengan delegasi dr berbagai negara di dunia : Indonesia (UGM,UNPAR,UNPAD,UNHAS), UAE, Jerman, Jepang, Taiwan, Cina, Lebanon, Norway, etc...banyak lah pokoknya...foto2...sayangnya kami ga ke Global Village, tdny gw n aicha mau ikut, tapiiii gara2 review THI2 gw blom kelar, jd ga jadi deh :(
O,ya hari ini gw jg dapet SuperCardnya WorldMUN yg isinya kartu identitas delegates sama easy card yg bisa dipake buat naik MRT ke seluruh Taipei :)
pas registrasi jg ada seminar ttg MUN dr anak2 Harvardnya...dan kita dpt sesi khusus dr mbak Lauren Fulton, sang USG-Assistant Director of GA...
sisanya dihabiskan dng foto2 di deket Taipei City Hall, Taipei 101, Sun Yat Sen Memorial Hall, dan sekitarnya

Senin, 15 Maret 2010
Sesi sidang pertama, alhamdulillah dpt kesempatan 6 kali buat speech di depan :)
ketemu Hunter Richard si Chair nan Ganteng, bikin working paper langsung ttg integration bersama Venezuela, Cuba, Bolivia, dll...

malemnya committee dinner di Gourmet Theater Chiang Kai Shek Memorial Hall...foto2 lagi deh...hahaha...oiya kenalan sama tmen2 dr Taiwan, India, Canada, Korea, Italisa, Jerman, China, dll..cuma mahal euy...dinnernya NTD 550, cukup mahal.tp karena ga mau rugi, gw masukin aja tuh kue2 yg gw bisa bawa pulang,lumayan buat sarapan...haha..
kmrn sih udh isi Easy Card 100 NTD, jd transport udah oke lah...makan siang cuma pake sushi harganya sekitar 25 NTD, jadi total spend hari ini sekitar 625 NTD

Selasa, 16 Maret 2010
udara dingin parah, 12 derajat celcius >.<
cuma sekali sesi sidang, bicara 2 kali pas general speakers list n moderated caucus, ga terlalu kontributif pada saat unmoderated caucus...tp workig paper udh mulai dibahas buat dijadiin satu n dibikin draf resolusi...siangnya dengerin GM Google Taiwan ngasih speech ttg cloud computing dan ngeles ketika ditanya hubungan antara Google Taiwan dan Google China...jalan2 ke National Taiwan University, muter2 keliling kampus ber2 doang ama Shi Tong, temen gw dari Hong Kong yg selalu setia nemenin kemana pun gw pergi :) dan terakhir makan wafel yang enak bgt, tp krn kita bukan anak NTU jd harganya dimahalin 5 NTD :s
malemnya, ke Shih Lin Night market, beli oleh2 buat om2 dan SOTONG goreng...nyaammmm...tp itu makanan yang bau babi banyak bngt,eneug...
total biaya yg gw keluarin hari ini : beli oleh2 750 NTD+ beli sotong 40 NTD + beli minuman bubble tea-milk 30 NTD + beli makan siang 26 NTD +beli wafel 40 NTD = 886 NTD
oh, iya plus makan makem 50 NTD, jd total 936 NTD

Rabu, 17 Maret 2010
dua kali sesi sidang komisi, udah lebih mulai bisa speak up...dpt 6 kali kesempatan ngomong kalo ga salah...udh bikin koalisi negara2 yg mau ngerumusin amandemen draft resolusi (with mexico, UAE, malta, dll.)dan sudah ada foto2 (lagi) haha
makan di Taipei 101, ngluarin 150 NTD, tp mantap bokk..makanannya tempura, ikan , telor,sayur, slurppss...nge-candid Mr.Chair waktu lunch ;)
sorenya, gw n fadlin tdny berencana ke rumah makan deket Grand Mosque itu, sayangya kita NYASAR dan si Aicha kebawa2 nyasar gara2 kita...tapi untungnya sih nyasarnya di Wufenpu, tempat belanja baju kayak Tanah Abang gtu...tapi barangnya modis2 bok...dan oke punya lagi..hehe dan MURAH...masa tas yg gw beliin buat oleh2 itu harganya cuma 30rb satu,,,dan itu udh terbuat dr bulu domba...waw...tp krn si Fadlin udh mau makan, jd kita balik duluan ke hostel n cari makanan Indonesia direstoran halal itu yg ternyata harganya 150 NTD per porsi....ketemu si Belgia Muslim yg ganteng...ahaha... total gw ngluarin sekitar 450 NTD hari itu...

Kamis, 18 Maret 2010
hari terakhir WorldMUN... 3 kali ngomong di depan, 1 kali ngajuin motion...akhirnya resolusi 1.1 di pass juga, dng role call vote, tp meetingnya blm di-adjourn...instead of adjourning the meeting, anak2 komisi gw malah foto2 n nyuruh chair gw ngedance seperti yg dia lakukan di Cabaret Night waktu itu...dan gw punya foto ber2 sama si Hunter itu...hehe...mureh bgt lah gw hari itu, foto2 ama cowok ganteng di komisi gw (delegates Austraia yang naudzubilah gantengnya kalo pake kacamata), delegates cuba, si kembar gila dr India-Singapura yg cuma bisa bilang "Selamat Hari Raya Idul Fitri" kalo ktmu gw n temen2 Indonesia gw...foto2 sama calon pemenang award, dll...siangnya, kita makan McD di 101, trus closing ceremony di Sun Yat Sen Memorial Hall...foto2 lagi dong ama Ami Nash n Lauren Fulton. trus yang menang Diplomacy Award dr komite gw hampir sesuai dng yg gw prediksi France, Brazil, Armenia, UAE, Colombia, dan Kenya (satu2nya anak Taiwan yg dpt award di komite gw)
selesa...foto2 lagi lah kita ama anak2 Indonesia, dan gw menitipkan Fadlin pulang sama bule Belgia Muslim ganteng itu...namanya Jihad...hahaha

sorenya, gw aicha vivi gya n weki naik ke Taipei 101...subhanallah, keren bgt, kita dpt pemandangan siang, sunset, sekaligus malam....ga nyesel lah ya ngluarin 370 NTD buat naik ke atas...malemnya emang udh direncanain jalan2 ke Ximen, tp karena di sana barang2 mahal, anak2 jdnya pergi ke Shih Lin, sementara gw yg babil waktu itu pengen bgt ke Wufenpu beli coat yg murah itu (cuma90k, bahan dr bulu)...sempet gw turun-naik di stasiun Shandao Temple buat nyusul anak2, tp ah udah lah, gw cao aja ke Houshanpi Station...dan berburu barang2 di Wufenpu...sayangnya coat yg gw mauin kesempitan ama gw T.T jd deh beli oleh2 tas buat nyokap, tante, n adek gw saja...dan itupun gw pulang malem sampe hostel jam 12 kurang plus nyasar sampe ke Nangang dulu...hahaha

Jumat, 19 Maret 2010
jalan2 seharian... Pagi ke Nova, liat2 barang elektronik yg ternyata harganya ga jauh beda sama di Indonesia, bareng Boy n Fadlin. Terus beli oleh2 di Taipei Main Station. Gw n fadlin lantas pergi ke arah Grand Mosque buat makan makanan halal asli Taiwan itu, sementara si Boy balik duluan ke hostel karena dia janji mau jalan ama temennya yg anak Taiwan...O,ya kita jg sempet masuk mall Shing Kong Mitshukoshi dan liat harga2 disana, naujubileh mahalnya :s
sampe di Guanxi (atau apa gitu nama stationnya, lupa gw) sempet disorientasi arah....udah jalan jauh2 eh, tokonya tutup....untung di seven eleven ada pengganjal yg bisa dimakan n ada penjaga yg bisa sedikit bahasa Indonesia...kita sholat dulu deh di Grand Mosque, setengah 4 balik lagi ke rumah makan halal itu "Mat'am al-Islami" eh ternyata udah buka...habis makan lanjut ke Danshui...yg ternyata jalannya jauhhhh bgt, naik MRT ada sekitar sejam lebih kali ya dr Guanxi itu...
sampe sana, terkagum2 dengan pemandangan sunset-subhanallah!.kayaknya, gw, n Fadlin tuh tiap 10 meter sekali ngambil foto deh di sana...haha....gw beli es krim panjang itu yg kayak di A&W cuma jauh lebih panjang...sayanya es-krim itu ga terlalu enak, cuma lumayan lah harganya hanya 10 NTD... ;p jalan2 di pasar sekiar situ, keluar-masuk toko sovenir, ketemu aicha-sri yg ternyata habis nyebrang ke Bali (kayak pulau di seberang sungainya gtu deh), ketemu org Indonesia yang mau bantuin foto, terus dsana sampe malem, ngeliatin turis2 yg pacaran;(
dan kita ketemu mas Ario yg waktu itu nemenin jalan2 pas hari kedua sedang jalan bersama anak UGM n Satria...kita sih ga liat si Satrianya...tp si head delegate-nya UGM itu kok ngeliat ke gw melulu ya ?*blush* astaghfirullahaldzim...
malemnya kt pergi ke Shih Lin night market, tapi sebelumnya gw beli oleh2 makanan khas Taiwan di pasar yg ada di Danshui itu (kue nanas n kerupuk ikan)...Di Shih Lin, gw baru inget uang gw di easy card tinggal sekian (udah diisi 2 kali padahal), kayaknya nggak cukup...eh, bener uang gw jadi -5 keluar dr stasiun itu, jadi gw masih utang 5 NTD ke MRT Taipei...haha...tp untunglah bisa keluar dr stasiun MRT itu...di Shih Lin belanja oleh2 (dan gw lupa aja beliin kaos buat bapak tp ternyata belakanganya ada tulisan I Love Taiwan, STYLISH GIRL...wkwkwk...alhasil ga mau dipake deh tuh ama si Bapak)
pulang Shih Lin...balik ke Hostel...ngepcking barang2...maen2 truth or dare versi MUN...hubungin taksi...tidur cuma 2 jam

Sabtu, 20 Maret 2010
jam 5 pagi udah bangun, langsung sholat, siap2...taksi udah nungguin (mobil yg kita rental lebih tepatnya) bawa barang2 turun ke bawah...kopernya mama jadi rusak gara2 diturunin ke bawah dengan brutal :(( dan good bye Taipei...

itu sekelumit catetan perjalanan gw di Taiwan, masih banyak lagi sebenernya yg ada di balik kronologis kisah ini...mending liat di foto2nya aja kali ya...hehe

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Operasi Abses Kelenjar Bartholini

Assalamu'alaikum wr. wb. Apa kabar kawan2? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat serta tetap semangat menjalani aktifitas. Apa kabar saya? Alhamdulillah, keadaan saya hari ini jauh lebih baik dari kemarin maupun beberapa hari yang lalu. Teman2 yang baca postingan saya sebelumnya mungkin telah mengetahui bahwa beberapa hari ke belakang saya menderita suatu penyakit yang membuat saya susah duduk, bangun dan berjalan. Sampai - sampai saya harus masuk UGD untuk disuntik obat penghilang rasa sakit di pantat saking tidak tahannya. Ternyata, setelah pulang dari UGD, obat penghilang rasa sakit itu hanya bertahan satu malam. Keesokan harinya, saya mengalami sakit yang sama. Susah duduk, bangun dan berjan. Terkadang, rasanya perih sekali, sampai-sampai saya menangis karena tidak dapat menahan sakitnya. Namun, karena sudah diberikan salep dan obat penghilang rasa sakit beberapa saat sakitnya mereda. Bahkan dua hari kemudian saya memberanikan diri untuk pergi ke Jurong Point

Selamat 7 Bulan Kemilau :)

Halo anak sayang, Selamat 7 bulan lahir ke dunia ya.  Semoga Kemilau tumbuh sehat, bahagia, jd anak baik dan sholehah, selalu dilindungi Allah SWT dan terhindar dari segala hal-hal buruk dan keburukan. Kemilau yang baik, semakin pintar ya nak sayang, sekarang sudah kuat mengenggam, bisa tengkurap dan bolak balik sendiri. Sudah mulai makan, walaupun kemarin mulai GTM dan diare huhu. Maafin mama ya nak, kemarin kasih kemi makanan yang ngga fresh. Semoga membaik hari ini dan hari-hari berikutnya ya. Nak sayang, mama denger lagu dari tante Raisa, judulnya "Jangan Cepat Berlalu", persis pas mama dengerin lagu ini, teman kantor Mama, mba Dewi dateng dan pesan ke mama, "nikmati waktu-waktu bersama anak ya Vin, ga kerasa tiba-tiba udah besar, udah sekolah, kuliah dll." Nak, mama sayang banget sama Kemi. Kalau Kemi nanti bisa baca ini, Kemi doain mama ya.  I love you Kemilau 💗 Hm hm Saat engkau dipelukanku Ba gaikan beribu kisah cinta Melebur jadi satu Ajariku tentang cin

Aku Takut

Tragedi stadion Kanjuruhan malam minggu lalu benar-benar membuat aku shock. Sedih dan marah sekali. Kukira di pagi hari aku melihat running text TVone beritanya ada total 129 penonton yang meninggal dalam waktu satu tahun atau mungkin akumulasi semua total korban tewas selama pertandingan sepak bola di Indonesia diadakan. Ternyata bukan, angka tersebut merupakan angka manusia yang hilang nyawanya dalam satu malam . Innalillahi wa inna ilaihi roji'un Bencana kemanusiaan. bukan tragedi. bisa jadi settingan? Naudzubillahi min dzalik, jikalau ini memang di-setting untuk mengguncangkan tanah air dengan ratusan nyawa melayang dalam semalam. Terlepas apapun motifnya, penembak gas air mata (dan yang memberi perintah) harus dihukum seberat2nya.  Di mana rezim yang melindungi? ratusan korban hilang seketika dalam hitungan jam.  Sementara para petinggi masih bisa haha hihi memikirkan perputaran uang yang terhenti sementara karena bencana itu. Ya Allah, lindungilah kami semua. Kami dan keluar