Langsung ke konten utama

Ketika JK Bicara BHP

JK : " UU BHP itu sangat bagus, karena kampus dan lembaga pendidikan lain bisa langsung mengelola keuangannya sendiri, secara otonom sehingga tidak perlu lagi berurusan dengan birokrasi yang sulit jika ingin meminta dana untuk penelitian dan pengembangan IPTEK serta SDM dalam kampus"

Seorang mahasiswa kemudian nyeletuk " Kalo urusannya cuma birokrasi, kenapa mesti mengorbankan kepentingan rakyat untuk mendapatkan akses pendidikan. Apakah dengan BHP pemerintah tidak sedang menerapkan pendidikan yang tidak bisa diakses untuk rakat miskin dengan menetapkan 20% jatah untuk mereka dalam BHP, mengapa tidak membiarkan seluruh rakyat miskin bebas masuk perguruan tinggi 100%?"

JK: "Wah, anda tidak bisa begitu juga donk. Kalo 100% rakyat miskin yang menikmati, yang kaya bagaimana? Ini juga diskriminasi namanya" (Jadi inget gw sama kasus IC..hhiihiiihii)

Dialog interaktif yang diadakan Suara Mahasiswa UI itu pun terasa hambar. Bahkan ketika saya bertanya mengenai "apa makna pendidikan bagi seorang JK?" Ia hanya menjawab pelan, "ya..pendidikan itu kan untuk mengangkat harkat martabat bangsa, melalui pendidikan, kita ciptakan teknologi yang bisa menghasilkan pendapatan melalui pemanfaatan teknologi tersebut secara ekonomis dan membuka lapangan kerja"

Dalam hati, saya hanya bisa berkata...yah, sudah lah capres ini memang tidak terlalu pusing tentang masalah pendidikan. Semua bidang dia kaitkan dengan ekonomi. Science for profit. Gak ada yang salah sih, namanya juga Saudagar.

Tiba2 di akhir acara ada sseorang mahasiswi yang dengan lantang berbicara "INTERUPSI! Walaupun Bapak setuju dengan UU BHP namun saya dan teman2 tetap akan memperjuangkan JR BHP dan INGAT! walaupun kami di sini berjaket kuning bukan berarti kami simpatisan GOLKAR!"

Kemudian JK dan beberapa orang di belakangnya hanya terkekeh " Yah, saya juga kesini diundang, hanya untuk dialog, jadi tidak kampanye sebenarnya".....disambung dengan ketawa kecil gak jelas...

Terbukti kan, suara mahasiswa ga dianggap sama orang nomer dua di Indonesia.....

*Catatan kecil dari Dialog INteraktif mengenai UU BHP bersama JK di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, 16 Juni 2009

Komentar

swsn mengatakan…
wuah vin...syg sekali. UI udah ngajak SBY sm Mega blom? Klo iya, masukin blog lw jg ya. Pasti gw baca!
avina_nadhila mengatakan…
iya chan. kita kan insitusi pendidikan, ga bisa ngadain dialog interaktif dalam kampus yg notabene masuk dalam kategori kampanye. Sebenernya, mereka juga diundang, tp ga bisa dateng... Trus kmaren Prabowo sempet nawarin UI buat ngedukung penolakan BHP (yg jadi kampanyenya dia), tapi kita tolak...takut UI jadi dipolitisasi...
Anonim mengatakan…
wah, bahkan judul tulisan kita hampir mirip yaa...??

oia, perkenalkan saya Gilang dari Kom UI 08..

mari bertukar link...

:)

Postingan populer dari blog ini

Operasi Abses Kelenjar Bartholini

Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabar kawan2? Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat serta tetap semangat menjalani aktifitas.
Apa kabar saya?

Alhamdulillah, keadaan saya hari ini jauh lebih baik dari kemarin maupun beberapa hari yang lalu. Teman2 yang baca postingan saya sebelumnya mungkin telah mengetahui bahwa beberapa hari ke belakang saya menderita suatu penyakit yang membuat saya susah duduk, bangun dan berjalan. Sampai - sampai saya harus masuk UGD untuk disuntik obat penghilang rasa sakit di pantat saking tidak tahannya.
Ternyata, setelah pulang dari UGD, obat penghilang rasa sakit itu hanya bertahan satu malam. Keesokan harinya, saya mengalami sakit yang sama. Susah duduk, bangun dan berjan. Terkadang, rasanya perih sekali, sampai-sampai saya menangis karena tidak dapat menahan sakitnya. Namun, karena sudah diberikan salep dan obat penghilang rasa sakit beberapa saat sakitnya mereda. Bahkan dua hari kemudian saya memberanikan diri untuk pergi ke Jurong Point sendirian memb…

PKS dan Kampus

Assalamualaikum Wr.Wb.

Iseng, lagi googling ttg "Majelis Syuro SALAM UI" eh malah nemu di thread ini http://forum.dudung.net/index.php?topic=14562.20;wap2

padahal, tadinya gw mau ngebandingin aktivitas LDK2 di universitas2 di Indonesia, macam Salam UI dan Gamais ITB...yo weis lah....
skg saatnya dibuka semuanya....

yang mau tau siapa mereka?apa saja yang mereka lakukan? yuk intip curhatan mba Arbania Fitriani ex-kader PKS

Saya waktu mahasiswa adalah kader PKS mulai dari 'am sirriyah sampai ke 'am jahriyah. Mulai dari saya masih sembunyi-sembunyi dalam berdakwah, sampai ke fase dakwah secara terang-terangan, sejak PKS masih bernama PK sampai kemudian menjadi PKS. Dalam struktur pengkaderan PKS di kampus, ada beberapa lingkaran,yakni lingkaran inti yang disebut majelis syuro'ah (MS), lingkaran ke dua yakni majelis besar (MB), dan lingkaran tiga yang menjadi corong dakwah seperti senat (BEM), BPM (MPM), dan lembaga kerohanian islam. Jenjangnya adalah mulai dari lembaga d…

Persiapan Kuliah di Luar Negeri (part 1)

Banyak orang yang bertanya2,  bagaimana cara gw bisa mendapatkan beasiswa, S2 ke luar negeri?
Hmm, pertanyaan yang sebetulnya bisa dijawab dengan jawaban yang berbeda-beda dari bermacam-macam orang. Alhamdulillah, gw diberi kesempatan oleh Allah untuk melanjutkan kuliah di Singapura dengan full beasiswa. Persiapan gw untuk melanjutkan kuliah ini sebetulnya kurang lebih gw siapkan sejak 6 bulan sebelumnya. Pertama, cari-cari info tentang syarat2 untuk S2 di luar negeri. Rata-rata aplikasi untuk S2 atau S3 di luar negeri udah dibuka di akhir tahun sampai awal tahun berikutnya (November - April). Karena dulu gw kepengen banget kuliah di Oxford, jadi patokan gw untuk apply S2 ya ke sana. Masing-masing universitas punya syarat pendaftaran yang beda-beda. Umumnya, untuk jurusan sosial, jurusan semacam HI, politik lebih tepatnya, cuma butuh nilai TOEFL/IELTS, surat rekomendasi, esay dan ijazah. Alhamdulillah banget, gw waktu itu dapet contoh surat rekomendasi dan esay buat apply S2 dari kak …