Tamasya ke Situ Gintung : Ironi di Tengah Tragedi

1 comment
Pagi ini gw akhirnya mengunjungi lokasi di mana dua hari yang lalu terjadi musibah tanggu jebol yang sampai saat ini telah memakan korban lebih dari 80 orang. Sebenernya rencana gw pergi kesana kemaren, setelah dapet sms dari KOMPAS MUDA yg ngajak kita buat kumpul di posko UMJ jam 10, tapi dasar males,, gw ga jadi kesana deh kmaren..Jadi, tadi sekitar jam stengah 7 gw berangkat naik mobil sama bokap n "khadimat" gw... Kita berangkat pagi2 supaya nggak macet..emang dari hari jumat tuh daerah ciputat-lebak bulus macet parah gara2 kjadian ini... Gw diturunin di STIE Ahmad Dahlan (yang selama ini gw anggep UMJ) sama bokap..karena gw and khadimat gw bawa barang2 jadi langsung kita salurin aja ke posko2 yang ada di sana/..\Dan gw langsung melihat pemandangan banyaknya posko yang berdiri di sekitar lokasi kejadian. Gw sendiri naro barang2 yg gw bawa itu di POSKO MAPALA se-DKI yang ada paling depan..habis itu gw lanjut ke posko PMI..ini posko gede bgt,,dia pake satu gedung buat naro barang2 bantuan n korban pengungsi (mungkin, gw sendiri jg gak liat)..Trus ada data korban yang meninggal, selamat, dan orang2 yg nyari sanak keluarganya...KArena khadimat gw itu pengen bgt ngeliat danaunya akhirnya kita jalan ke belakang...WUih..pertama yang gw ihat Subhanallah!!!! bner2 kayak tsunami di Aceh.. Rumah2 rusak parah,, bahkan kuburan pun ikut rusak..Jalan2 pada becek..padahal lokasi yang gw datengin itu (UMJ) letaknya lumayan jauh dari tanggul yang jebol...Masya Allah..Terus karena gw males berbecek2 ria gw cari jalan lain ke situnya..Selama perjalanan gw lihat banyak sekali posko2 bantuan..Mulai dari posko HMI, PMI, Dompet Dhuafa,Kembang Latar (yg ngbagi2in minum buat waga yg meNONTON), Rumah Sakit2 swasta, sampe partai (PKS,GERINDRA, PDIP, DEMOKRAT) ada semua...Brimbob dan tim SAR juga banyak ngebantuin di sana..Setelah jalan dan akhrnya gw sampe di TKP (itu lho yang tempatnya suka muncul di tv2, yg ad musholanya di tengah jalan)..emang parah bgt kondisinya.. Rumah2 di sekitar sana hancur,,ga bersisa...ada yg tinggal wcnya doang gw liat,,tapi ajaibnya tuh mushola masih tegak berdiri..subhanallahSetelah ambil beberapa gambar akhirnya gw pulang, tapi gw sempet mampir di satu kampung yang katanya tempat pengungsi..Tapi, apa yang gw lihat saudara2..Ga ada tuh keliatan muka2 yang sedih,, ga ada korban2 yang dibiarin begitu aja ga dapet makanan, pakaian, n tempat tinggal...gw juga ga liat korban yang keadannya mengenaskan sekali...Kenapa bisa begitu?Ternyata, BANTUANyang dateng itu BANYYYAKKKK bgt..Bahkan berlebih menurut gw..Gw sampe ngeliat baju2 bekas itu ada yang dibiarin bgitu aja sampe menuhin satu rumah penduduk...Makanan, mi instan, pakaian, itu berlebihhhh smuanya.. Selimut, kasur, pokoknya kebutuhan pokok insya Allah udah cukup buat mereka...Yang jadi ironi, karena bencana ini dijadikan atraksi tontonan warga sekitar.. Di tengah duka yang mendalam, orang2 pada ngejadiin kesempatan ini buat ngambil sumbangan2 (yg gw ga tahu apakah bakal mereka sumbangin ataw ngga)...Macet di daerah sana ya gara2 banyak orang yang nontonin situ yg udah kering itu,,,skg jd lebih pantes disebut sungai kecil..karena bener2 ga ada air di sana yang ada cuma cekungan tanah yang kering kerontang dan hampir longsor di bagian atas...Masa gw liat ada pengemis yg masih sempet2nya manfaatin kejadian ini buat kepentingan dia?Tukang parkir liar di sekitar jalan Ciputat Raya itu jadi banyak...Partai2 pada berlomba buka posko yg paling lengkap...Apa tuh tujuannya klo nggak cari simpati buat pemilu?Gw juga ga suka tuh ama satgas2 dari Pemuda Pancasila yang sok2 ngusir orang2 yg lagi tamasya itu dengan alasan mereka mau melakukan evakuasi...Please deh ya,,kayaknya ini tragedi udah sangat bagus ditanggepin dari berbagai pihak..Penanggulangan pihak TNI, Polri, dan TIM SAR juga menurut gw sudah bagus..Yang salah ialah,,klo emang mereka niat bantuin ga usah sok2 paling berkuasa ampe nutup2 jalan orang segala (dengan alasan mau ada evakuasi)..Orang2 yang nonton juga..harusnya mereka tuh bantuin evakuasi korban, jangan cuma nonton doang...(termasuk gw donk..hhe)Intinya, tragedi kayak gini harusnya dijadikan pelajaran buat kita semua.. Supaya lebih bersyukur dan inget sama yang di Atas...dan juga kita harus lihat tragedi ini dari sisi lain,, jangan asal nyumbang di jalan n klo mau nyumbang sebaiknya langsung ke sana dan dalam bentuk barang yg bner2 diperlukan (exp. obat2an, softex, makanan bayi, SEPATU BOT , dll.)PS : Setelah baca note gw jgn dijadiin alesan buat ga nyumbang yah..hhe=)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

vee si gendut nan imuuuuuet mengatakan...

hihiih, nih orang aneh gaya menulisnya, lugas dan lucu,,, tapi thx ya infonya, vee rasa ini akan berguna bagi yang lain, tp vee rasa walau sandang pangan terpenuhi, tapi jiwa yang di tinggalkan orang terkasih tentu tetap terkoyak,, mereka lebih butuh psikologi kayaknya...