Mendingan Morum atau Mesbuk?

No Comments
Fenomena kaskus.us atau berbagai macam forum yang ada sekarang baik itu sifatnya regional maupun internasional atau hanya untuk sebuah komunitas misalnya, ternyata tidak bisa mengalahkan fenomena Facebook.Com
Sebuah diskusi yang terjadi pada forum pribadi angkatan saya ascovasociety.19.forumer.com, memperlihatkan dinamika pro-kontra antara forum dengan facebook. Dari diskusi-diskusi yang saya baca, bisa saya simpulkan bahwa kebanyakan pengguna forum berjenis kelamin laki-laki, sementara pengguna situs jejaring sosial seperti facebook misalnya berjenis kelamin perempuan. Namun, ini hanyalah asumsi sesaat saya saja.
Kecanduan forum seperti yang dialami beberapa forumer kaskus (sampai2 ada kaus bertuliskan "KASKUS SAVED MY LIFE") menggambarkan betapa forum memiliki peran yang sangat penting bagi terciptanya sebuah pencerahan bagi orang2 yang membutuhkan segala informasi. Namun, kekuarangan yang sangat mendasar dari adanya forum ini ialah tidak terjaganya diskusi sehingga topik2 yang dijadikan bahan diskusi sering melenceng dan malah dapat dijadikan sebagai wahana adu domba dan adu kata2 bagi sebagian pihak.
Facebook pun juga termasuk situs di mana orang2 sudah kecanduan memakainya. Tanya saja siapa yang tidak puya facebook. MUngkin hanya 1 diantara 5 orang yang anda tanya tidak memiliki akun facebook. Facebook sendiri melalui fitur2nya seperti notes, comment, dan tag photo bisa juga dijadikan sebagai forum diskusi, berdebat,bahkan saling mengata2i.
Terlepas dari apakah lebih baik Morum daripada Mesbuk...Saya rasa penemuan forum seperti anakui.com dan kaskus.us serta situs2 jejaring sosial seperti facebook memberikan manfaat bagi kita untuk meningkatkan kualitas diskusi dan memperoleh tulisan2 yang potensial sebagai bagian untuk menumbuhkan budaya citizen journalism seperti ini...
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar